Cara Menanam Bambu Air tanpa Repot

Cara Menanam Bambu Air tanpa Repot Taman Inspirasi SAFA
4 Cara Menanam Bunga Bambu Air dan Tips Perawatan

Bambu air adalah tanaman yang banyak digemari, tak hanya karena bentuknya yang indah dan unik, tetapi juga karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman yang satu ini. Tanaman ini bisa ditanam dalam ruangan, sehingga kamu tak perlu khawatir dengan cuaca buruk. Terlebih, menanam bambu air pun cukup mudah, lho!

Langkah-Langkah Menanam Bambu Air

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat menanam bambu air:

1. Siapkan Alat & Media Tanam

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menanam bambu air. Kamu akan membutuhkan bambu air (bisa berupa biji, batang, atau cabang) serta bahan media tanam bambu air. Bahan media tanam bambu air bisa berupa tanah, pasir, dan tanah liat. Kombinasi ketiganya adalah yang terbaik.

2. Pilih Pot Bambu Air

Selanjutnya, pilih pot bambu air yang kamu inginkan. Pot bambu air bisa berupa pot keramik, plastik, atau bambu. Pilih yang sesuai dengan keinginanmu. Pastikan pot yang kamu pilih memiliki lubang saluran keluar yang cukup besar agar air bisa keluar dengan mudah.

3. Masukkan Bahan Media Tanam

Setelah itu, masukkan bahan media tanam bambu air ke dalam pot bambu air. Usahakan untuk membuat medium tanam agar air dapat tersirkulasi dengan baik dan cukup cepat. Kamu juga bisa menambahkan beberapa biji pupuk organik agar tumbuh subur.

4. Masukkan Bambu Air

Selanjutnya, masukkan bambu air ke dalam pot. Jika kamu menggunakan biji bambu air, pastikan untuk meletakkannya dengan benar dan rapi. Jika kamu menggunakan batang bambu air, kamu bisa mengikatnya dengan tali atau benang supaya tetap stabil di dalam pot.

BACA JUGA :   Tanaman Bunga Alamanda: Panduan Menanam dan Merawat

5. Tambahkan Air

Setelah itu, tambahkan air ke dalam pot. Pastikan untuk menambahkan air secukupnya agar medium tanam bambu air terasa basah, tetapi tidak terlalu lembab. Jika kamu menggunakan biji bambu air, pastikan untuk menutup pot bambu air agar biji bambu air benar-benar basah.

6. Tempatkan Bambu Air

Terakhir, tempatkan bambu air di tempat yang cukup terbuka. Pastikan untuk memilih tempat yang cukup terkena cahaya matahari, tetapi tidak terlalu terbakar. Jika kamu menempatkan bambu air di tempat yang terlalu terkena cahaya matahari, bambu air akan mudah layu.

Itulah 6 langkah mudah cara menanam bambu air tanpa repot. Menanam tanaman bambu air memang terbilang mudah, tetapi kamu juga harus memperhatikan beberapa hal agar bambu air tumbuh dengan subur dan sehat. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air serta makanan tanaman bambu air secara rutin agar tumbuh dengan subur.

4.2/5 - (4 votes)