Tanaman Kumis Kucing obat Asam Urat

12 Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (25 votes, average: 4.20 out of 5)
Loading...

Tanaman Obat Asam Urat – Asam urat merupakan jenis penyakit yang paling sering diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Penyakit ini biasa dialami oleh mereka dengan usia rata-rata diatas 30 tahun. Mungkin kita sering menyamakan antara penyakit asam urat dengan rematik. Meski sama-sama dikategorikan penyakit radang sendi, asam urat disebabkan oleh kadar asam urat (urid acid) yang berlebih dalam tubuh. Sedangkan nyeri sendi karena rematik disebabkan oleh sistem imun yang terganggu dan cenderung menyerang jaringan sendi tubuh.

Penyebab penyakit asam urat secara umum diantaranya trauma tubuh dalam jangka waktu yang lama, pola makan yang kurang sehat, infeksi, konsumsi obat-obatan kimia yang berlebih, ada riwayat keluarga yang terkena asam urat hingga obesitas atau kelebihan berat badan. Namun tahukah anda bahwa penyakit asam urat ini dapat disembuhkan dan bahkan dapat dicegah sejak dini dengan menkonsumsi tanaman herbal yang mungkin ada disekitar kita? Nah, kali ini Taman Inspirasi akan merangkum beberapa jenis tanaman obat asam urat yang bisa kita dapatkan di sekitar kita atau bahkan bisa kita budidayakan agar lebih bermanfaat untuk orang-orang disekitar kita.

Khasiat Kulit Manggis untuk Asam Urat

Tanaman obat asam urat kulit manggis

Tanaman buah manggis (garcinia mangostana l.) termasuk tanaman tropis yang berasal dari Semenanjung Malaya dan tersebar hingga segenap penjuru kepulauan nusantara. Tanaman ini memiliki ketinggian antara 7 – 25 meter dan termasuk pohon hijau yang memiliki siklus hidup yang lama. Bahkan bisa dikategorikan sebagai pohon hijau abadi yang tumbuh didaerah tropis. Buah manggis saat matang berwarna merah keunguan meski ada juga varian lain yang kulitnya berwarna merah. Di pasaran, buah ini dikenal sebagai ‘Queen of Fruit’ (Ratu buah) berdampingan dengan si Raja Buah durian. Buah manggis dikategorikan sebagai buah yang mengandung zat antioksidan tertinggi yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi tubuh.

Untuk mengobati asam urat, kita dapat memanfaatkan kulit manggis karena ia dapat memecah penumpukan kristal asam urat pada sistem persendian tubuh. Pecahan kristal asam urat itu pada akhirnya dapat dikeluarkan dengan mudah dari tubuh melalui urin atau kotoran. Kandungan mangostin pada kulit manggis juga berfungsi sebagai antibodi yang dipercaya dapat menyembuhkan luka tubuh lebih cepat.

Pengolahan Kulit Manggis untuk Mengobati Asam Urat

  • Cara pertama dengan dibuat jus. Pisahkan kulit manggis dan masukkan ke blender. Tambahkan 1 gelas air dan gula secukupnya agar tidak terlalu pahit. Setelah di blender halus, minum secara rutin 2 kali sehari.
  • Cara kedua dengan direbus dan dikeringkan. Iris tipis kulit manggis lalu jemur agar tahan lama. Jika sudah kering, rebus dengan segelas air sampai kulit manggis layu. Ambil rebusan kulit manggis dan blender hingga halus. Sebetulnya cara ini sama dengan cara pertama. Hanya saja kita akan mendapatkan kulit manggis yang lebih awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  • Cara yang ketiga adalah dengan ditumbuk lalu seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa pahit.

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

Tanaman obat asam urat daun sirsak

Buah Sirsak atau dikenal juga dengan nama durian belanda (Annona muricata L.) merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari benua Amerika tepatnya kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Asal nama kata sirsak sesungguhnya dari bahasa Belanda yaitu ‘zuurzak’ yang berarti kantung asam. Meskipun tidak berasal dari benua Eropa, tanaman sirsak didatangkan ke Nusantara pada abad 19 oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Oleh sebab itulah dibeberapa daerah tanaman ini dikenal dengan nama nangko belando (Palembang) atau jambu landa (Lampung).

Berdasarkan penelitian, daun tanaman sirsak berkhasiat mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Selain itu, daun sirsak juga mengandung zat antibodi seperti acetogenin yang memiliki kemampuan membunuh sel kanker dalam tubuh. Daun tanaman sirsak ini merupakan salah satu alternatif tanaman obat asam urat paling efektif dan populer sejak zaman nenek moyang kita.

Cara meracik daun sirsak untuk obat asam urat

  • Siapkan 6 s/d 10 lembar daun sirsak dan cuci hingga bersih.
  • Potong daun sirsak hingga menjadi beberapa bagian kecil agar nantinya zat yang terkandung didalamnya dapat tercampur dengan air.
  • Rebus potongan daun sirsak pada 400 ml air hingga tersisa setengahnya saja kemudian diamkan sampai agak dingin.
  • Untuk hasil yang optimal, air rebusan diminum setiap hari dan boleh ditambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa anyir.

Tanaman Kunyit untuk Mencegah dan Mengobati Asam Urat

Tanaman obat asam urat Kunyit

Tanaman kunyit atau kunir (Curcuma longa) merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah asli dari kawasan Asia Tenggara yang kemudian mengalami persebaran sampai benua Afrika. Hampir sebagian besar bangsa Asia pernah mangkonsumsi tanaman rempah ini. Kunyit atau kunir seringkali digunakan sebagai bumbu masakan, jamu atau bahkan obat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Jamu kunyit telah menjadi resep obat yang digunakan oleh nenek moyang kita selama berabad-abad lamanya.

Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan yang timbul akibat penyakit asam urat. Selain itu, tanaman kunyit juga berkhasiat mengobati penyakit kolesterol, hipertensi dan diabetes. Oleh sebab itu, kunyit menjadi alternatif tanaman obat yang dapat mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

Baca Juga: 50 Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor

Cara Mengolah Kunyit Untuk Obat Asam Urat

  • Siapkan kunyit secukupnya kemudian cuci dengan air yang mengalir hingga bersih
  • Haluskan kunyit menggunakan parutan atau blender
  • Saring kunyit yang telah dihaluskan untuk diambil sarinya
  • Rebus air perasan kunyit lalu tambahkan asam, gula dan garam secukupnya sampai tercampur rata
  • Setelah ramuan mendidih angkat dan tiriskan hingga dingin
  • Ramuan kunyit asem siap dikonsumsi sebagai obat alami asam urat
  • Untuk hasil yang optimal, konsumsi rutin 1 gelas dalam satu hari

Khasiat Sambiloto sebagai Obat Tradisional Asam Urat

Tanaman obat asam urat Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata) termasuk salah satu tanaman obat yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini berasal dari kawasan tropis Asia, tepatnya dari negara India dan dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 mdpl. Sebenarnya, seluruh bagian tanaman sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, namun yang paling sering diolah adalah daunnya.

Sambiloto sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit asam urat karena mengandung senyawa penting seperti flavanoid, aldehid, alkane, keton, kalium, natrium dan kalsium. Tanaman ini juga berkhasiat menyembuhkan flu dan pilek, mencegah penyakit jantung, membantu mencegah penyakit diabetes, menyembuhkan infeksi dan gangguan saluran pencernaan.

Cara Mengolah Sambiloto

  • Siapkan satu genggam daun sambiloto, kemudian bersihkan dengan air yang mengalir
  • Tumbuk daun sambiloto hingga halus dan tambahkan setengah gelas air masak
  • Terakhir, saring airnya dan diminum langsung, lakukan cara ini secara rutin sampai sembuh
  • Untuk mengurangi rasa pahit, bisa ditambahkan madu secukupnya
  • Konsumsi sambiloto rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal

Daun Sirih Cina Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh

Sirih Cina Tanaman obat asam urat

Daun Sirih cina atau ketumpang air seringkali dianggap sebagai gulma atau tanaman liar. Namun ternyata daun sirih cina sangat manjur digunakan sebagai obat asam urat. Disebut sirih cina karena tanaman ini memiliki daun menyerupai tanaman sirih dengan tekstur yang lunak, kecil dan berair. Sirih cina atau istilah latinnya Peperomia pellucida mempunyai habitat tumbuh di area yang lembab dan cenderung tidak menyukai sinar matahari.

Jika tanaman ini terpapar sinar matahari langsung maka lama-lama daunnya akan menjadi kekuningan dan membuat khasiat sirih cina menjadi berkurang. Tanaman sirih cina ini bisa diperbanyak melalui biji. Unsur kimia yang terkandung dalam tanaman sirih cina antara lain kalsium oksalat, tanin, alkaloid, lemak dan minyak atsiri.

Cara Mengolah Sirih Cina untuk Obat Asam Urat

  • Ambil segenggam tanaman sirih cina (daun & batangnya) lalu cuci sampai bersih
  • Setelah itu rebus dengan 2 gelas air selama 15 hingga 20 menit atau hingga tersisa kira-kira 1 gelas air
  • Diamkan sampai dingin dan saring air rebusan sirih cina
  • Kemudian minum segelas air rebusan sirih cina ini 3 kali sehari
  • Agar lebih maksimal, konsumsi sirih cina setiap hari karena ia tidak akan menimbulkan efek samping meskipun di konsumsi dalam jangka waktu yang lama

Selain tanaman diatas, ada juga beberapa tanaman obat asam urat lainnya yang sangat efektif dalam menyembuhkan maupun mencegah penyakit asam urat, yaitu:

  • Jahe Merah
  • Daun Seledri
  • Daun salam
  • Daun mangga muda
  • Tanaman kumis kucing
  • Daun sidaguri
  • Tanaman pegagan

 

Leave a Reply