Tanaman hias bunga

Tanaman Hias Bunga untuk Daerah Tropis

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (20 votes, average: 4.20 out of 5)
Loading...

Tanaman hias bunga tropis menghadirkan kesan “lebih” ke kebun Anda: lebih banyak warna, lebih banyak aroma, lebih banyak ukuran, dan bahkan lebih banyak kupu-kupu. Tanaman hias bunga tropis mampu tumbuh di iklim apapun dan kondisi lahan yang terbatas. Mereka juga tergolong mudah dalam hal pembudidayaan dan perawatan. Berikut Taman Inspirasi memberikan ide 9 bunga tropis yang akan membawa keindahan eksotis untuk kebun atau pekarangan anda.

9 Jenis Tanaman Hias Bunga untuk Indoor dan Outdoor

Tanaman Hias Kembang sepatu

Tanaman Kembang sepatu

Kembang sepatu tropis akan membawa aura flamenco ke teras dan pekarangan anda meskipun anda seorang pemula dalam hal perawatan tanaman. Tanaman hias yang dikenal juga dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis, sangat cocok untuk ditanam di daerah tropis dengan sinar matahari yang cukup dan air yang berlimpah. Tanpa perawatan yang ribet, Anda tetap akan mendapati tanaman ini berbunga tanpa henti dengan ukuran diameter hingga delapan inci sepanjang musim tanam.

Seperti kebanyakan tanaman hias bunga di daerah tropis, warna-warna cerah dari kembang sepatu layaknya suar bagi kupu-kupu. Anda dapat memilih varietas yang berbunga dalam skema warna apa pun. Beberapa varietas yang mekar dalam nuansa panas seperti kuning, oranye, dan merah, serta nada dingin seperti merah muda, putih, dan ungu akan membuat pekarangan dan teras rumah anda lebih hidup. Beberapa jenis varietas yang membuat desain taman anda lebih menyenangkan; misalnya, ‘Acapulco Gold,’ dengan kelopak emas dan tenggorokan merahnya, digabungkan dengan varietas merah seperti ‘Impresario.’

Tanaman Hias Bromelia

Tanaman Hias Bromelia

Anatomi dan postur yang cukup rumit dari bromeliad seringkali menuntut pemeriksaan lebih teliti, baik untuk pengagum serangga maupun manusia penggemar tanaman hias. Bahkan, famili Bromeliaceae adalah keluarga besar tanaman hias yang mencakup berbagai varietas tanaman seperti nanas dan lumut keriting Spanyol abu-abu yang populer di pameran kerajinan. Pecinta tanaman yang lebih suka menanam bromelia secara umum mungkin akan menjatuhkan pilihannya pada jenis Aechmea atau Guzmania, dua kelompok famili bromelia yang memiliki cakupan varietas tanaman paling lengkap dan populer untuk daerah tropis.

Terlepas dari penampilannya yang eksotis, tanaman hias bunga bromelia ternyata merupakan tanaman tropis yang tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Mereka dapat mentolerir berbagai suhu dari mendekati titik beku hingga tiga digit. Meskipun mereka juga dapat tumbuh di suhu ekstrim antara 50 hingga 90 derajat F. Kelembaban adalah elemen penting dalam pertumbuhan bromelia karena daun tanaman ini memiliki skala khusus yang dapat menyerap air dari udara. Anda bisa juga menanam anggrek bersama bromeliad Anda sebagai epifit di alam. Cahaya terang hingga redup cukup untuk pertumbuhan bromelia hingga mampu berbunga dengan indah. Mereka bahkan dapat berkembang di bawah lampu neon di sepanjang musim dingin. Anda bisa juga melakukan repotting cabang tanaman yang terbentuk setelah berbunga, karena tanaman induk biasanya akan semakin menurun performanya hingga bunga layu.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Keluarga anggrek (Orchidaceae) memiliki ratusan genus dan puluhan ribu spesies, jadi jika Anda belum berhasil ‘bermain’ dengan tanaman eksotis ini, cobalah lagi. Salah satu jenis yang sangat memaafkan untuk pemula dalam budidaya tanaman hias adalah anggrek ngengat, Phalaenopsis. Meskipun anggrek terlihat indah sebagai koleksi taman, namun karena kuantitas bunga yang rendah maka hal yang dapat anda lakukan adalah mulai dengan satu anggrek ngengat selama beberapa bulan sebagai tanaman percobaan. Setelah itu, perbanyak koleksi Anda dari tanaman itu.

Memilih media tanam yang tepat sangat penting untuk anggrek karena ia tergolong tanaman hias yang kurang bersahabat dengan genangan air. Campuran media tanam yang dapat tumbuh besar dan berbahan dasar kulit kayu akan membuat tanaman anggrek beradaptasi dengan baik. Pilih pot dengan lubang drainase yang banyak untuk memastikan bahwa tanaman Anda tidak kelebihan air. Hindari terkena cahaya matahari secara langsung, lingkungan yang lembab (jendela kamar mandi atau dapur), dan suhu sedang antara 60 dan 80 derajat F untuk menjaga anggrek tetap hidup. Pada musim kemarau panjang tempatkan anggrek di taman yang terlindung di luar rumah untuk menjaga temperatur dan kelembaban tanaman sehingga tetap dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman Hias Bunga Melati

Tanaman Hias Bunga Melati

Tanaman hias bunga melati memiliki dua elemen yang menguntungkan untuk semua kondisi lahan yaitu aroma dan ketinggian. Pohon yang melilit ini agak lebih keras dari bunga tropis lainnya, dan dapat bertahan di semua kondisi iklim. Tanaman merambat Jasminum officinale atau melati gambir menghasilkan bunga dari akhir musim semi hingga awal musim gugur, dan perlu memiliki periode dorman dalam ruangan selama musim dingin.

Tanaman Melati (Jasmine) adalah tanaman yang ramping namun memiliki postur yang kuat. Ia bisa tumbuh dengan baik melalui pemangkasan yang rutin. Tanaman hias bunga ini tumbuh dengan sinar matahari penuh atau sebagian.  Penyiraman yang teratur juga harus diperhatikan untuk mempertahankan kelembaban media tanam. Kelembaban udara disekitar lokasi tumbuh sama pentingnya dengan menyiram tanaman jenis lain. Sementara, jika ia ditempatkan di dalam ruangan, beri cahaya yang cerah tapi tidak langsung mengenai tanaman serta lokasi yang sejuk.

Tanaman Hias Jahe

Tanaman Hias Jahe

Banyak orang mengira bahwa jahe hanya termasuk dalam kategori tanaman obat. Namun jika kita mencermatinya lebih jauh, tanaman jahe ini memiliki aroma dan keindahan yang khas. Tanaman hias bunga jahe adalah alternatif yang sangat baik untuk pecinta tanamn hias yang hanya memiliki sedikit atau tidak ada sinar matahari langsung di lahan mereka. Namun, seperti halnya dengan kebanyakan lahan tropis, kondisi panas dan lembab yang seimbang sangat diperlukan agar tanaman dapat tumbuh subur. Jenis tanaman jahe Zingiber, termasuk bracts merah dari Awapuhi, seringkali digunakan sebagai bahan dasar beberapa merk shampo premium. Zingiber Neglectum ‘Pagoda Jewel’ terlihat seperti bentuk kehidupan alien, dapat tumbuh dengan mudah di tanah yang lembab dan memiliki drainase dengan baik. Anda dapat menempatkan tanaman hias Jahe di dalam ruangan saat suhu di bawah 50 derajat F untuk mencegah penyakit kecoklatan pada ujung daun.

Tanaman Hias Bugenvil

Tanaman Hias Bugenvil

Siapapun yang pernah mengunjungi negara Mediterania akan terbangkitkan ingatan akan perjalanan mereka dengan menanam tanaman yang indah namun kuat ini. Ia dapat tumbuh di iklim yang cerah dan kering. Tanaman merambat ini membutuhkan sinar matahari sehari penuh. Namun, jenis magenta atau bract merah akan muncul dengan cepat pada transplantasi baru yang Anda tumbuhkan di musim semi. Tanaman hias bunga Bougainvillea mulai  mekar disepanjang musim panas, tetapi akan memuncak pada musim gugur. Tanaman ini dapat berkembang dengan baik ketika kondisi siang dan malam memiliki durasi waktu yang sama atau mendekati.

Tanaman Hias Anthurium

Tanaman Hias Anthurium

Anthurium, atau bunga flamingo dapat tumbuh dengan baik ketika lingkungan mereka memiliki kelembaban dan panas yang seimbang. Bunganya adalah bracts yang berwarna merah, pink, putih, atau gradasi beberapa warna tersebut. Permukaan mengkilap dari daun tanaman ini memberikan penampilan yang seolah-olah dipernis. Belang pada tanaman akan tampak menonjol dalam kondisi dibawah cahaya matahari. Bunga flamingo akan tumbuh subur pada kondisi tanah yang lembab dan kaya unsur hara. Jika anda tinggal di area 4 musim, jaga tanaman ini dari suhu di bawah 40 derajat F.

Tanaman Hias Bunga Medinilla

Tanaman Hias Medinilla

Medinilla magnific atau dikenal juga sebagai pink maiden, adalah termasuk jenis yang agak menyimpang dari kebanyakan bunga tropis karena ia lebih suka tempat teduh di kebun. Jika Anda pernah merawat anggrek, maka perlakukan medinilla Anda dengan cara yang sama karena ia tumbuh sebagai epifit di alam liar. Tanam pada media tumbuh kulit kayu anggrek yang hemat air. Kemudian tempatkan di lokasi dengan sinar matahari yang remang dan suhu yang sedang. Kondisi hujan gerimis sepanjang hari akan membuat medinilla Anda dapat melewati lingkungan kering di ambang musim dingin.

Brugmansia atau Angel’s Trumpet

Tanaman Hias Brugmansia

Setiap orang harus menumbuhkan tanaman hias bunga Brugmansia setidaknya sekali seumur hidup. Pemandangan ratusan bunga harum berbentuk lonceng di akhir musim panas akan membawa senyum ke wajah Anda setiap hari. Varietas beraneka ragam seperti ‘Snowbank’ akan membuat tanaman menarik bahkan saat menjelang mekar. Tampatkan tanaman hias bunga ini pada wadah yang besar dan mendapat pengairan serta sinar matahari yang cukup. Pemangkasan habis dilakukan di musim gugur saat Anda membawanya masuk untuk musim dingin.

1 thought on “Tanaman Hias Bunga untuk Daerah Tropis”

Leave a Reply