15 Jenis Tanaman Herbal yang Mudah ditanam dari Biji

15 Jenis Tanaman Herbal yang Mudah ditanam dari Biji Taman Inspirasi SAFA

Tanaman herbal yang mudah ditanam – Apakah Anda ingin memulai kebun tanaman herbal dari biji? Ada beberapa tanaman herbal yang lebih mudah untuk ditanam dari biji daripada jenis yang lain.

Jika Anda ingin tahu mana yang paling mudah, Anda telah datang ke lokasi yang tepat. Kami akan memandu Anda melalui tanaman herbal yang mudah ditanam dari biji.

Saya juga akan membagikan beberapa kondisi pertumbuhan dan waktu perkecambahan yang diperlukan untuk memberi tahu Anda apa yang dapat Anda harapkan saat melakukannya.

Informasi ini dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman positif saat memulai kebun herbal dari awal. Berikut adalah tanaman herbal yang mudah untuk ditanam dari biji.

Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam dari Biji

menanam peterseli dari biji

1. Peterseli

Peterseli adalah ramuan kuliner umum yang terlihat cantik dan rasanya enak. Jika Anda tertarik menanam peterseli sendiri dari biji, mungkin Anda perlu sedikit kesabaran. Benih terkadang membutuhkan waktu tiga minggu atau lebih sebelum berkecambah.

Bantu benih (dan akhirnya tanaman) dengan menyediakan kondisi pertumbuhan yang tepat. Peterseli harus ditanam di tempat yang akan menerima setidaknya enam jam sinar matahari. Itu juga harus ditanam di tanah yang dikeringkan dengan nutrisi tinggi. Berikan peterseli apa yang diperlukan untuk berkembang, dan Anda akan mendapatkan hasil panen yang baik.

menanam borage dari biji

2. Borage

Borage terkenal karena menghasilkan bunga-bunga indah yang berbentuk seperti bintang. Ini menjelaskan mengapa tanaman ini terkadang dikenal sebagai bunga bintang juga. Jika Anda ingin menambahkan borage ke kebun tanaman herbal Anda, pastikan Anda menyediakan apa yang dibutuhkan tanaman tersebut.

Tanaman ini membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik dan sinar matahari yang cukup. Namun, borage tidak terlalu memperhatikan kualitas tanah tempat ia tumbuh. Keuntungan lain dari tanaman jenis ini adalah ia hanya membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk berkecambah.

menanam chamomile dari biji

3. Kamomil

Chamomile sering digunakan sebagai teh herbal yang menenangkan. Jika Anda tertarik untuk membuat teh herbal Anda sendiri, atau resep lain, maka tanaman chamomile ini cocok untuk Anda budidayakan. Benih tanaman herbal ini akan berkecambah dalam waktu satu setengah sampai dua minggu.

BACA JUGA :   Kenapa Harus Jahe? Tips Budidaya Jahe Merah Hasil Melimpah

Pastikan Anda menanamnya dalam kondisi pertumbuhan yang tepat untuk memastikan benih berkecambah. Chamomile harus ditanam pada waktu yang lebih dingin sepanjang tahun dengan sinar matahari penuh hingga sebagian. Semakin hangat suhunya, semakin banyak naungan yang perlu Anda berikan. Ia menyukai tanah kering, jadi pastikan Anda hanya menanam di tempat yang memiliki drainase baik.

menanam adas dari biji

4. Tanaman Adas

Adas adalah tanaman herbal unik yang dapat tumbuh di media terbatas. Tanaman ini sebaiknya tidak ditanam sampai semua embun beku berakhir di musim semi. Setelah suhu cukup hangat, pastikan Anda menanamnya di lokasi yang menerima sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Benih tanaman ini hanya perlu waktu satu hingga dua minggu untuk berkecambah. Pada saat ini, pastikan untuk menjaga tanah tetap lembab tanpa membuat benih terlalu jenuh. Dengan menyediakan kondisi pertumbuhan yang tepat, adas akan memiliki apa yang diperlukan untuk berkembang dengan baik.

menanam mint dari biji

5. Mint

Mint merupakan tanaman herbal yang harus berhati-hati saat menanam karena dapat mengambil alih lokasi penanaman dengan cepat. Untuk alasan ini, saya biasanya merekomendasikan menanam mint di bedengan yang ditinggikan atau dalam pot. Pastikan untuk menanamnya di tanah yang dikeringkan dengan baik.

Ramuan ini tidak spesifik tentang kebutuhan nutrisinya di dalam tanah. Namun, jika Anda dapat mengubahnya, mint tampaknya paling baik dalam situasi ini. Pastikan untuk menanam mint sepenuhnya di bawah sinar matahari parsial tergantung pada suhu di lokasi Anda. Setelah ditanam, benih akan berkecambah dalam waktu sekitar sepuluh hingga enam belas hari.

menanam kemangi dari biji

6. Kemangi

Kemangi adalah ramuan kuliner umum lainnya yang disukai orang karena mereka tahu banyak cara untuk menggunakan hasil panen. Jika Anda menyukai kemangi, cobalah menanamnya dari biji. Hal yang menarik dari kemangi adalah ia dapat ditanam dengan berbagai metode berkebun. Anda juga bisa menanamnya di dalam atau di luar ruangan untuk menjaga kemangi tetap segar sepanjang tahun.

Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk menanam kemangi, pastikan Anda menanamnya di tanah yang dikeringkan dengan baik dan di mana ia akan menerima sinar matahari penuh hingga sebagian, tergantung pada suhu lokasi pertumbuhannya.

Jika Anda tinggal di iklim yang lebih hangat, Anda mungkin ingin memberikan sedikit naungan terutama di malam hari. Pastikan tanah selalu lembab agar tanaman tidak terlalu jenuh. Setelah benih ditanam, mereka akan berkecambah dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari.

BACA JUGA :   Manfaat Daun Tanaman Ageratum Bandotan untuk Mengatasi Ambeien
menanam lemon balm dari biji

7. Lemon Balsem/Lemon Balm

Lemon balm adalah ramuan yang sangat baik untuk disimpan untuk keperluan kuliner dan untuk membuat produk DIY seperti semprotan serangga. Jika Anda ingin memiliki ramuan serbaguna ini di pintu belakang Anda, pertimbangkan untuk menanamnya dari biji di kebun herbal Anda.

Saat menanam lemon balm, pastikan untuk menanamnya di lokasi yang memiliki naungan parsial atau sinar matahari tidak langsung. Juga, pastikan tanah dikeringkan dengan baik. Biji lemon balm akan berkecambah dalam waktu satu hingga dua minggu.

menanam serai dari biji

8. Rumput limau/Serai

Serai sangat bagus untuk digunakan dalam makanan yang dipanggang dan juga untuk membuat teh herbal. Jika Anda ingin menanamnya di sekitar rumah Anda, ia memiliki kondisi pertumbuhan yang mirip dengan tanaman herba lain dalam artikel ini.

Untuk menanam serai dengan baik, pastikan Anda menanamnya di bawah sinar matahari penuh dan di tanah yang dikeringkan dengan baik. Bersabarlah dengan ramuan ini karena bisa memakan waktu hingga tiga minggu untuk benih berkecambah.

menanam lemon verbena dari biji

9. Lemon Verbena

Lemon verbena adalah ramuan yang bagus untuk disimpan karena sangat berguna di dapur. Anda dapat menggunakannya untuk membuat selai, jeli, atau untuk penyedap daging. Berhati-hatilah di mana Anda menanam herba untuk memberikannya kesempatan terbaik untuk berkembang di bawah perawatan Anda.

Saat menanam lemon verbena, pastikan Anda menanam herba setelah semua ancaman embun beku berakhir. Pilih lokasi yang cerah dengan tanah yang padat nutrisi dan berdrainase baik. Setelah benih ditanam, bersabarlah, karena dibutuhkan waktu antara dua hingga empat minggu untuk berkecambah.

menanam thyme dari biji

10. Tanaman Thyme

Thyme adalah ramuan yang kuat tetapi sering digunakan di dapur untuk keperluan kuliner. Jika Anda suka memasak dengan thyme, mengapa tidak mencoba menanamnya dari biji di kebun herbal Anda?

Ramuan lebih suka tumbuh di mana ia akan menerima sinar matahari penuh. Ini berarti, ia harus menerima setidaknya enam jam sinar matahari per hari. Anda juga perlu menyediakan tanah yang dikeringkan dengan baik. Setelah benih Anda ditanam, mereka akan berkecambah dalam dua hingga empat minggu.

menanam daun bawang dari biji

11. Daun bawang/Kucai

Kucai adalah salah satu rempah favorit saya karena rasanya yang enak dan juga menjadi tambahan yang bagus di kebun rempah. Jika Anda tertarik menanam kucai dari biji, pastikan untuk memulainya dengan menyiapkan kondisi yang tepat.

Saat menanam kucai, pastikan Anda menanam di area yang mendapat sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Benih kucai membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua minggu untuk berkecambah.

BACA JUGA :   Tanaman Sembung Legi: Mengenal Daun dan Akarnya
menanam arugula dari biji

12. Arugula

Arugula adalah ramuan berdaun yang dibuat sebagai tambahan yang bagus untuk salad. Ia akan membawa sedikit aroma jeruk ke dalam campuran salad. Tanaman ini juga berkecambah dengan cepat karena benihnya hanya membutuhkan waktu tujuh sampai sepuluh hari untuk berkecambah.

Namun, jika Anda mengharapkan tingkat perkecambahan yang baik, pastikan Anda menyediakan kondisi pertumbuhan yang tepat. Arugula tumbuh paling baik di daerah dengan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik serta padat akan nutrisi. Juga, pastikan untuk menanam arugula selama musim dingin karena ini adalah waktu terbaik untuk tumbuh-tumbuhan.

menanam adas dari biji

13. Dill

Dill adalah ramuan yang bagus untuk disimpan di sekitar rumah Anda untuk keperluan estetika dan kuliner. Pastikan untuk menanam adas selama musim dingin tahun ini karena dapat menangani suhu serendah 25 derajat Fahrenheit.

Ramuan ini harus ditanam langsung di tanah yang subur dan dikeringkan dengan baik. Juga lebih baik jika tanahnya sedikit asam. Dill tidak dapat ditransplantasikan dengan baik karena memiliki akar tunggang yang panjang. Pastikan untuk memberinya sinar matahari penuh, dan benih akan membutuhkan waktu sekitar sepuluh hingga empat belas hari untuk berkecambah.

menanam ketumbar dari biji

14. Ketumbar

Ketumbar merupakan tanaman rempah yang menarik untuk dimasukkan ke dalam kebun herbal Anda karena saat masih muda dan segar Anda bisa menikmati ketumbar. Setelah menjadi biji, Anda bisa menikmati ketumbar. Jika Anda ingin menanam ketumbar dari biji, pastikan Anda menanamnya di area yang mendapat sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Ini adalah tanaman cuaca dingin yang tidak dapat menangani suhu lebih tinggi dari 80 derajat Fahrenheit. Pertimbangkan hal ini saat menanam. Benih ketumbar membutuhkan sekitar lima sampai sepuluh hari untuk berkecambah.

menanam oregano dari biji

15. Oregano

Oregano adalah ramuan terakhir kami yang akan kami bahas tentang menanam dari biji. Ini adalah ramuan umum lainnya yang digunakan di dapur. Jika Anda ingin menikmati oregano segar, cobalah menanamnya sendiri!

Tanaman ini harus ditanam di daerah dengan sinar matahari yang cukup dan tanah yang cukup dikeringkan. Benih membutuhkan sekitar satu hingga dua minggu untuk berkecambah.

Nah itu tadi 15 jenis tanaman herbal yang mudah ditanam dari biji yang dapat menjadi alternatif pengisi kebun Anda. Anda juga memiliki gambaran tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan benih untuk berkecambah dan apa yang dibutuhkan setiap jenis tanaman di ruang tumbuhnya.

Sekarang giliran Anda. Pilih beberapa herbal favorit Anda dari daftar ini, gunakan informasi yang tersedia, dan cobalah untuk memulai menanam ramuan sederhana dari biji.

4.1/5 - (15 votes)