13 Jenis Tanaman Pendamping Jagung Metode Tumpang Sari

13 Jenis Tanaman Pendamping Jagung Metode Tumpang Sari Taman Inspirasi SAFA

Apakah Anda mempertimbangkan untuk menanam jagung di lahan Anda? Anda mungkin bisa mempertimbangkan tanaman pendamping untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kebun Anda.

Tanaman pendamping dalam metode tumpang sari adalah proses strategis untuk merancang tata letak taman Anda sedemikian rupa sehingga tanaman yang tumbuh berdekatan memberikan beberapa manfaat untuk salah satu tanaman atau, idealnya, keduanya.

Jika Anda mencari informasi tentang tanaman yang tumbuh baik di dekat jagung, maka Anda berada di tempat yang tepat. Kami akan memberi Anda beberapa daftar sayuran, rempah-rempah, dan bunga yang cocok ditanam dengan jagung serta beberapa yang harus dihindari.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat mengaplikasikan tanaman pendamping jagung di kebun Anda:

Manfaat Budidaya Tanaman Pendamping Jagung

14 Tanaman Pendamping yang Bagus untuk Menanam Jagung

Apakah Anda terlalu banyak pekerjaan untuk merencanakan setiap aspek taman Anda? Hal ini dapat menggembirakan pada waktu-waktu tertentu, tetapi dengan meluangkan waktu untuk mempertimbangkan semua aspek bagaimana taman Anda diatur, Anda dapat menuai banyak manfaat darinya.

Alasan banyak pembudidaya meluangkan waktu untuk mempertimbangkan tanaman pendamping untuk jagung mereka adalah sebagai berikut:

  • Jagung dapat memberikan perlindungan pada beberapa tanaman. Di tempat yang lebih tinggi, tanaman ini sangatlah baik dalam memberikan naungan atau perlindungan dari angin ketika ditanam di dekat tanaman yang lebih kecil.
  • Jagung dapat berfungsi sebagai penunjang tanaman yang membutuhkan ajir. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga tanaman agar sehat dan taman Anda tetap rapi.
  • Tanaman tertentu dikenal dapat menarik penyerbuk dan serangga bermanfaat lainnya. Dengan menanamnya di dekat tanaman jagung Anda, dapat meningkatkan hasil panen Anda.
  • Penanaman pendamping dapat membantu memperbaiki tanah tempat jagung Anda tumbuh seiring berjalannya waktu. Beberapa tanaman secara alami memberikan asupan nutrisi tertentu ke dalam media pertumbuhannya. Ini juga akan menguntungkan tanaman di sekitar mereka.
  • Beberapa tanaman berfungsi untuk tujuan “pengorbanan”. Dengan menanam tanaman tertentu di dekat jagung Anda, ia dapat menarik serangga ke tanaman pendamping dan menyelamatkan tanaman jagung Anda. Pada dasarnya, teknik ini mengorbankan satu tanaman untuk tanaman lainnya.
BACA JUGA :   Pestisida Organik PALING AMPUH dari Bawang Putih

Sekarang setelah Anda memahami mengapa metode tumpang sari ini dapat bermanfaat, mari kita bahas tanaman mana yang tumbuh paling baik di sekitar jagung.

Tanaman Pendamping Jagung dalam Teknik Tumpang sari

mentimun sebagai tanaman pendamping jagung

1. Mentimun

Pernahkah Anda berpikir untuk menanam mentimun di dekat jagung Anda? Anda mungkin bisa mempertimbangkan hal ini untuk menghasilkan banyak manfaat bagi kebun sempit Anda.

Saat mentimun menyebar, hal itu akan menjadi semacam penutup tanah atau mulsa organik untuk tanaman jagung. Secara tidak langsung, hal itu dapat mencegah gulma dan membantu menjaga kelembapan di sekitar tanaman jagung Anda.

kacang polong sebagai tanaman pendamping jagung

2. Kemangi

Beberapa pembudidaya menyimpan area terpisah untuk tanaman herbal mereka, sementara yang lain menambahkannya langsung ke petak sayuran mereka. Jika Anda tertarik untuk menanam kemangi, mungkin akan sangat baik untuk menanamnya di samping tanaman jagung Anda.

Daun kemangi sangat bagus untuk mengusir kumbang jagung. Anda dapat menggunakan tanaman utuh di dekat tanaman jagung Anda atau menggunakan daun kemangi kering untuk mencegah serangan kumbang jagung terhadap tanaman Anda.

lobak sebagai tanaman pendamping jagung

3. Wortel

Wortel adalah tanaman pendamping yang sangat baik, terutama jika Anda menggunakan persiapan tanam jagung, kacang-kacangan dan labu. Saat wortel Anda tumbuh, biarkan beberapa di antaranya berbung Mereka akan mengusir kumbang mentimun dan hama penggerek lainnya. Terlebih, mereka akan dapat dipanen dalam waktu sekitar 30 hari.

kacang polong sebagai tanaman pendamping jagung

4. Kacang polong

Jagung adalah tanaman yang membutuhkan nutrisi cukup banyak. Seperti kebanyakan tanaman, ia membutuhkan nitrogen. Namun, ada sebagian jenis tanah yang tampaknya kekurangan nutrisi jenis ini. Oleh karena itu, adalah cukup bijak untuk membudidayakan tanaman pemecah nitrogen di dekat jagung Anda.

Salah satu opsi yang baik untuk hal ini adalah kacang. Karena tanaman kacang tumbuh lebih awal dari jagung, Anda dapat menghemat ruang di kebun dengan menanam benih jagung tepat di tengah baris bedengan tanaman kacang Anda.

BACA JUGA :   5 Cara Menanam Cabe PALING Praktis, Sehat dan Berbuah Lebat
oregano sebagai tanaman pendamping jagung

5. Tanaman Herbal

Satu masalah yang sering dihadapi di kebun yang dekat dengan hutan adalah gangguan binatang seperti rusa atapuny jenis binatang herbivora lainnya. Begitu mereka menemukan jagung, sulit untuk mengusir mereka.

Di sinilah tanaman herbal aromatik berperan. Rusa tidak menikmati baunya. Dengan menanam lavender, oregano, sage, mint dan tanaman herbal aromatik lainnya di dekat tanaman jagung Anda, secara tidak langsung akan mengusir binatang tersebut dari kebun Anda.

borage sebagai tanaman pendamping jagung

6. Borage

Borage adalah tanaman cantik yang menghasilkan bunga berwarna-warni. Jika Anda ingin menambahkan percikan warna ke kebun sayur Anda, ini mungkin menjadi salah satu opsi yang baik.

Terlepas dari kualitasnya yang menarik, borage adalah teman yang baik untuk jagung. Tanaman ini dikenal dapat mengusir ulat sekaligus menarik banyak serangga yang bermanfaat.

thyme sebagai tanaman pendamping jagung

7. Thymi

Sebelumnya, kami menyebutkan berapa banyak tumbuhan aromatik yang bermanfaat untuk mengusir hama yang lebih besar, seperti rusa. Beberapa tanaman herbal aromatik ternyata juga bermanfaat untuk mengusir hama yang berukuran lebih kecil.

Thyme kebetulan menjadi salah satu herbal yang mungkin bisa Anda tanam di sekitar jagung untuk tujuan ini. Jika Anda mencari solusi untuk menghindari ngengat cacing telinga jagung, tanam thyme di dekat jagung Anda karena mereka tidak menyukai bau ramuan ini.

kentang sebagai tanaman pendamping jagung

8. Kentang

Saat menanam jagung dan kentang bersama, maka sebenarnya itu lebih untuk memaksimalkan pertumbuhan kentang. Anda harus menanam tanaman ini dalam baris bergantian dengan jarak sekitar setengah kaki di antara setiap baris. Pada akhir musim tanam, sampai tanaman jagung masuk ke dalam tanah, hal ini akan meningkatkan panen kentang Anda dan sekaligus melindungi kentang dari penyakit.

BACA JUGA :   6 Cara Menanam Wortel paling PRAKTIS dirumah
semanggi putih sebagai tanaman pendamping jagung

9. Tanaman Semanggi Putih

Semanggi putih adalah pendamping yang baik untuk jagung karena berfungsi sebagai tanaman penutup. Semanggi akan menekan pertumbuhan gulma dan mengikat nitrogen di tanah pada saat yang bersamaan.

Selain itu, jagung akan memberikan naungan bagi semanggi sehingga dapat membantunya memiliki siklus pertumbuhan penuh. Ketika semanggi selesai tumbuh, maka ia akan terkomposisi ke dalam tanah. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan jagung Anda memiliki apa yang ia butuhkan saat tumbuh.

daun selada sebagai tanaman pendamping jagung

10. Selada

Daun selada menjadi tanaman pendamping yang sangat baik untuk jagung. Jagung tumbuh tinggi dan mampu memberikan naungan untuk tanaman selada dengan musim tanam yang lebih panjang.

Selada mampu berfungsi sebagai pengusir gulma dengan menempati ruang tumbuh di pangkal tanaman jagung. Jika Anda ingin melindungi area tanam Anda dari gulma saat menanam dua tanaman di ruang yang sama, pertimbangkan untuk menanam selada dan jagung bersama.

semangka sebagai tanaman pendamping jagung

11. Semangka

Saat menanam semangka, kami akan mencoba menjauhkannya dari tanaman lainnya. Bahkan jika Anda membudidayakan semangka menggunakann ajir, ini bisa memakan ruang tanam di kebun Anda yang terbatas.

Namun, sekarang Anda dapat dengan percaya diri menanam semangka di dekat tanaman jagung Anda. Tanaman merambat semangka berfungsi sebagai penutup tanah untuk jagung. Dengan membiarkan tanaman ini menyebar, itu akan menjaga gulma di sekitar tanaman jagung dan membantu mempertahankan kelembaban.

marigold sebagai tanaman pendamping jagung

12. Marigold

Marigold adalah tanaman pendamping umum di kebun. Pasalnya, bunga ini berwarna cerah dan memiliki bau yang khas.

Warna bunga marigold mengundang serangga penyerbuk ke ruang tumbuh Anda sehingga akan sangat bagus untuk meningkatkan hasil panen jagung Anda. Baunya yang khas juga dapat mengusir hama, terutama kutu daun.

bunga matahari sebagai tanaman pendamping jagung

13. Bunga Matahari

Bunga matahari sering disebut sebagai “saudara keempat” dalam hal menanam jagung. Anda harus menggunakan varietas kerdil jika menanam bunga matahari di sebelah jagung, kacang-kacangan, atau labu.

Namun, bunga matahari sangat bagus untuk menarik kepik yang bermanfaat. Serangga ini dapat membunuh hama yang tidak diinginkan di kebun Anda. Dengan menanam bunga matahari di ruang tanam yang sama dengan jagung, Anda dapat memberikan perlindungan sekaligus memperindah kebun jagung Anda.

4/5 - (44 votes)