Insektisida Organik : Rokok Insektisida Organik PALING MANJUR?

Insektisida dari puntung rokok
Insektisida dari puntung rokok

Insektisida organik dari puntung rokok? Musuh terbesar yang seringkali dihadapi petani sayuran maupun buah-buahan yakni hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit tersebut memang cukup efektif dilakukan dengan menyemprotkan pestisida alami yang dijual bebas di toko-toko pertanian. Namun penggunaan pestisida kimia yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama justru akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi lingkungan. Terlebih, bahan makanan yang dihasilkan dari sayuran atau buah terkontaminasi pestisida kimia akan menghasilkan residu yang dapat berdampak buruk bagi tubuh kita.

Penggunaan insektisida kimia yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Terdapat batasan tertentu tubuh kita dapat menerima zat-zat kimia yang terkandung dalam setiap makanan yang kita konsumsi entah itu sayuran, buah-buahan atau jenis makanan pokok lainnya. Nah, kali ini, Taman Inspirasi SAFA akan memberikan tips mengolah bahan-bahan yang tidak terpakai, dalam hal ini puntung rokok menjadi insektisida organik yang ampuh menghalau hama serta penyakit tanaman.

Bahan kimia, yang biasa digunakan dalam pertanian tembakau dan disetujui untuk digunakan oleh EPA, mengganggu sistem endokrin manusia, yang meliputi tiroid dan kelenjar lain serta hormon yang mereka keluarkan. Tidak diketahui sampai sekarang jika ada pestisida yang bertahan dalam proses dan pembakaran dan berakhir dengan asap rokok.

Pestisida alami puntung rokok

Puntung Rokok sebagai Bahan Insektisida Organik untuk Tanaman Sayuran

Sampah puntung rokok dapat mencemari tanah dan air dan membunuh mikroorganisme karena zat-zat beracunnya. Namun, nikotin yang terkandung di dalam tembakau yang tersisa dapat digunakan sebagai Insektisida untuk Sayuran.

Empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan penelitian untuk membandingkan efektivitas puntung rokok dan ekstrak daun pepaya sebagai insektisida untuk sayuran. Mereka adalah Martha Lina, Nrangwesthi Widyaningrum, Addinunnisa Auliya Ipaulle, Maria Olivia Ero B, dan Martiyah.

Martha menjelaskan bahwa penelitian ini memiliki beberapa prosedur. Pertama, siapkan kol dan hama Plutella xylostella. Kedua, siapkan ekstrak daun pepaya dan puntung rokok sebagai insektisida untuk sayuran. Ketiga, semprotkan insektisida organik tersebut ke kubis selama 1,5 bulan. Terakhir, amati intensitas dan mortalitas hama sebelum dan sesudah perawatan.

Insektisida dari puntung rokok

Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak pantat rokok berkontribusi terhadap mortalitas 100% 21 Plutella Xylostella selama 3 hari, sedangkan ekstrak daun pepaya berkontribusi terhadap mortalitas 65% 14 Plutella Xylostella selama 5 hari. Hama memiliki siklus 6 hari. Karena itu, hama yang hidup setelah perawatan akan tumbuh menjadi ngengat.

“Pada hari ketujuh, ekstrak puntung rokok mengubah kembang kol secara morfologis yang menyebabkan kembang kol membusuk dengan bau, sedangkan ekstrak daun pepaya membusuk kembang kol dengan morfologi yang terlihat,” katanya.

Hal itu disebabkan oleh senyawa alkaloid dari daun tembakau nikotin yang terikat dengan asam malat dan asam sitrat. Tembakau mengandung Amine, Pyrolle, Pidirin, Nornikotin Alkaloid dan Anabasine. Selain itu, mengandung 0,3% hingga 5% nikotin yang dapat digunakan sebagai insektisida. Demikian juga, daun pepaya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol yang efektif untuk mengendalikan ulat dan hama.

“Efektivitas insektisida organik puntung rokok dan ekstrak daun pepaya dapat dibedakan dari kematian Plutella Xylostella. Ditemukan bahwa puntung rokok lebih efektif daripada daun pepaya sebagai insektisida untuk sayuran, ”tutupnya.

Cara Mudah pembuatan Insektisida Organik Puntung Rokok

1. Siapkan 30 buah limbah puntung rokok
2. Masukkan limbah puntung rokok kedalam wadah/dirigen yang berisi 1 liter air
3. Tutup rapat dan diamkan selama seminggu

Beberapa keuntungan memanfaatkan insektisida organik dari puntung rokok:

1. Bau yang menyengat dari insektisida ini membantu menolak kehadiran serangga yang merugikan
2. Sangat efektif merusak syaraf serta mengacaukan sistem hormon hama
3. Dapat mengendalikan perkembangbiakan bakteri dan jamur
4. Menghambat pertumbuhan serangga merugikan melalui perusakan sistem metamorfosa dan pencernakan

Berikut video dari TIS tentang cara mudah membuat pestisida organik dari puntung rokok. Semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk berkebun. Wassalam.