Cara Menanam dan Merawat Durian Ochee Duri Hitam

Cara Menanam dan Merawat Durian Ochee Duri Hitam
Cara Menanam dan Merawat Durian Ochee Duri Hitam

Durian Ochee Duri Hitam adalah salah satu varietas durian yang cukup populer di Indonesia. Kebanyakan orang di Indonesia mengenalnya dengan nama durian duri hitam. Sedangkan sebagian besar warga Tiongkok di Malaysia menyebutnya sebagai durian Ochee.

Durian ini memiliki daging buah yang tebal dan manis dengan aroma yang khas. Durian jenis ini juga memiliki kulit yang agak berduri dan agak tebal. Durian ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan varietas durian lainnya. Berikut adalah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh durian Ochee Duri Hitam:

Bentuk dan Warna

Durian Ochee memiliki bentuk bulat dan agak pipih, serta memiliki duri yang lebih banyak dibandingkan dengan varietas durian lainnya. Selain itu, kulit buah durian Ochee Duri Hitam juga agak tebal dan berwarna hijau tua atau kehitaman. Saat buah sudah matang, kulit buah akan berubah menjadi kuning atau coklat.

Isi Buah

Daging buah durian Ochee atau Duri Hitam memiliki warna kuning keemasan dengan tekstur yang lembut dan halus. Rasanya manis dengan aroma yang khas dan kuat. Ukuran bijinya juga relatif kecil dibandingkan dengan varietas durian lainnya.

Produktivitas

Durian Duri Hitam juga memiliki produktivitas yang tinggi. Satu pohon durian Ochee Duri Hitam dapat menghasilkan hingga 20-30 buah durian setiap musim panen. Hal ini membuat durian Ochee Duri Hitam menjadi salah satu varietas durian yang banyak dibudidayakan.

Resistensi Terhadap Penyakit

Durian Ochee juga memiliki resistensi yang tinggi terhadap penyakit busuk akar dan busuk pangkal batang. Hal ini membuat durian Ochee Duri Hitam lebih tahan terhadap serangan penyakit yang dapat merusak tanaman durian.

BACA JUGA :   Amankah Menggunakan Fungisida Hawar Daun Padi?

Secara keseluruhan, durian Ochee Duri Hitam memiliki ciri khas yang unik dan membuatnya menjadi varietas durian yang populer. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika durian Ochee Duri Hitam menjadi salah satu pilihan favorit bagi pecinta durian di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk menanam dan merawat durian Ochee Duri Hitam, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda.

Langkah Budidaya Durian Ochee Duri Hitam

Persiapan Tanah

Durian Duri Hitam membutuhkan tanah yang gembur dan subur untuk tumbuh dengan baik. Tanah yang digunakan untuk menanam durian Ochee Duri Hitam haruslah memiliki pH yang netral atau sedikit asam, yaitu antara 5,5 hingga 6,5. Selain itu, tanah juga harus dapat menahan air dengan baik dan tidak terlalu padat.

Sebelum menanam durian Ochee Duri Hitam, pastikan untuk membersihkan lahan dari gulma atau tanaman lain yang tidak diinginkan. Kemudian, buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Isi lubang tanam dengan campuran tanah yang terdiri dari tanah, pupuk kandang, dan pupuk NPK dengan perbandingan 2:1:1.

Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit durian Ochee Duri Hitam yang sehat dan berkualitas. Bibit yang sehat biasanya memiliki batang yang lurus dan tidak bengkok, serta memiliki daun yang hijau dan segar. Selain itu, pastikan bibit yang dipilih juga tidak mengalami kerusakan atau infeksi penyakit.

Penanaman

Setelah lubang tanam siap dan bibit sudah dipilih, tanam bibit durian Ochee Duri Hitam dengan posisi akar berada di tengah lubang tanam. Setelah itu, tutupi akar bibit dengan campuran tanah hingga permukaan tanah. Pastikan bibit durian Ochee Duri Hitam ditanam pada saat musim penghujan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

BACA JUGA :   Rahasia Sukses Budidaya Manggis: Cara Efektif Mendapatkan Buah Berkualitas Tinggi

Pemupukan

Durian Ochee membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Pemupukan dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam setahun. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kandang atau pupuk NPK dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Penyiraman

Durian Ochee atau Duri Hitam membutuhkan penyiraman yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Penyiraman dilakukan setiap 2-3 hari sekali pada saat musim kemarau. Pastikan tanah selalu lembab tetapi tidak terlalu basah, karena hal tersebut dapat menyebabkan akar tanaman membusuk.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Seperti halnya tanaman lainnya, durian Ochee Duri Hitam juga rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Beberapa hama yang dapat menyerang durian Ochee Duri Hitam antara lain ulat grayak, wereng, kutu daun, dan tungau. Sedangkan penyakit yang dapat menyerang durian Ochee Duri Hitam antara lain antraknosa, karat, dan busuk buah.

Untuk mengendalikan hama dan penyakit, dapat dilakukan dengan cara pengendalian hayati atau penggunaan insektisida dan fungisida. Penggunaan insektisida dan fungisida harus dilakukan secara hati-hati dan mengikuti dosis yang dianjurkan agar tidak membahayakan tanaman maupun lingkungan sekitar.

Pemanenan

Durian Ochee ini dapat dipanen setelah 4-5 tahun penanaman. Tanda-tanda durian Ochee Duri Hitam sudah matang untuk dipanen adalah kulit buah yang mulai berubah warna menjadi kuning atau coklat dan aroma buah yang semakin kuat. Untuk memanennya, potong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting dengan hati-hati agar tidak merusak buah.

Kesimpulan

Durian Ochee Duri Hitam adalah varietas durian yang populer dan memiliki rasa yang enak dan aroma yang khas. Untuk menanam dan merawat durian Ochee, diperlukan persiapan tanah yang baik, pemilihan bibit yang sehat, penanaman pada musim penghujan, pemupukan, penyiraman yang cukup, dan pengendalian hama dan penyakit yang efektif. Dengan perawatan yang baik, pohon durian jenis ini dapat menghasilkan buah yang berkualitas dan memberikan hasil yang memuaskan bagi para petani dan penggemar durian.

BACA JUGA :   Khasiat Daun Durian Musang King: Manfaat yang Luar Biasa untuk Kesehatan

4.2/5 - (17 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *