PRAKTIS! Ini Cara Menanam Terong Ungu di Polybag atau Pot

PRAKTIS! Ini Cara Menanam Terong Ungu di Polybag atau Pot

Jika Anda ingin menanam terong ungu di polybag, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelumnya. Persiapan yang matang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam penanaman terong ungu di polybag. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Polybag

PRAKTIS! Ini Cara Menanam Terong Ungu di Polybag atau Pot

Langkah pertama adalah menyiapkan polybag yang akan digunakan sebagai media tanam terong ungu. Anda dapat menggunakan polybag berukuran sedang atau besar. Pastikan polybag memiliki lubang di bagian bawah untuk drainase yang baik.

2. Bibit terong ungu

Cara Menanam Terong Ungu di Polybag Bibit Terong Ungu

Selanjutnya, siapkan bibit terong ungu yang akan ditanam. Anda bisa mendapatkan bibit terong ungu di pasar atau pusat pertanian terdekat. Pilih bibit yang sehat dan bebas dari penyakit agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Tanah Kompos

3. Tanah Kompos

Tanah kompos juga sangat penting dalam penanaman terong ungu di polybag. Siapkan tanah kompos yang telah matang dan subur. Tanah kompos yang baik akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman terong ungu untuk tumbuh dengan baik.

Pupuk Organik

4. Pupuk Organik

Selain itu, gunakan pupuk organik untuk memberikan tambahan nutrisi pada tanaman terong ungu. Pupuk organik alami seperti pupuk kandang atau pupuk kompos dapat digunakan. Pemberian pupuk organik secara rutin akan memperbaiki kualitas tanah dan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman.

Siapkan semua bahan-bahan ini sebelum mulai menanam terong ungu di polybag. Pastikan semua bahan berkualitas dan siap untuk digunakan. Hal ini akan membantu Anda meraih keberhasilan dalam penanaman terong ungu di polybag.

Langkah-langkah Menanam Terong Ungu di Polybag

Langkah-langkah Menanam Terong Ungu di Polybag

Menanam terong ungu di polybag dapat menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki lahan terbatas atau ingin mengatur tanaman dengan lebih mudah. Polybag merupakan wadah yang terbuat dari plastik yang dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman, termasuk terong ungu.

BACA JUGA :   Pupuk Organik Cair - Apa Saja Kegunaan MOL dan POC

Untuk menanam terong ungu di polybag, ada beberapa langkah yang dapat diikuti agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang lezat. Berikut adalah langkah-langkah budidaya terong ungu di polybag:

1. Isi polybag dengan campuran tanah dan kompos, dengan perbandingan tertentu, lalu padatkan

Isi polybag dengan campuran tanah dan kompos, dengan perbandingan tertentu, lalu padatkan.

Langkah pertama adalah mengisi polybag dengan campuran tanah dan kompos. Campuran tanah dan kompos ini berguna untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman terong ungu. Perbandingan tanah dan kompos yang digunakan dapat disesuaikan, namun umumnya perbandingannya adalah 50:50.

Setelah campuran tanah dan kompos dimasukkan ke dalam polybag, lakukan pemadatan agar tanah tidak terlalu longgar. Hal ini bertujuan agar akar tanaman dapat menyebar dengan baik dan tanah tetap terjaga kelembabannya.

2. Buat lubang di tengah polybag yang telah diisi dengan campuran tanah dan kompos

Buat lubang di tengah polybag yang telah diisi dengan campuran tanah dan kompos.

Setelah polybag diisi dengan campuran tanah dan kompos, langkah selanjutnya adalah membuat lubang di tengah polybag. Lubang ini akan menjadi tempat untuk menanam bibit terong ungu.

Ukuran lubang yang dibuat sebaiknya sesuai dengan ukuran bibit yang akan ditanam. Pastikan lubang tidak terlalu dalam, cukup sekitar 2-3 cm, agar bibit dapat ditanam dengan baik dan akar dapat menjangkau nutrisi dalam campuran tanah dan kompos.

3. Tanam bibit terong ungu ke dalam lubang dan tutup dengan sedikit campuran tanah dan kompos

Tanam bibit terong ungu ke dalam lubang dan tutup dengan sedikit campuran tanah dan kompos.

Setelah lubang dibuat, letakkan bibit terong ungu ke dalam lubang dengan hati-hati. Pastikan akar bibit tidak terjepit atau terluka saat ditanam. Setelah bibit ditanam, tutup lubang dengan sedikit campuran tanah dan kompos.

Penutupan lubang ini bertujuan untuk memperkokoh bibit terong ungu serta menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhannya. Pastikan campuran tanah dan kompos menutupi akar bibit hingga rapat agar bibit dapat mendapatkan nutrisi dengan baik.

BACA JUGA :   Cara Membuat Pupuk NPK 16 16 16 Sendiri: Tips dan Langkah-Langkahnya

4. Lakukan penyiraman secukupnya dan jaga kelembaban tanah

Setelah bibit terong ungu ditanam, lakukan penyiraman secara teratur sesuai dengan kebutuhan. Terong ungu membutuhkan kelembaban yang cukup agar tumbuh dengan baik, namun hindari penyiraman yang berlebihan yang dapat menyebabkan akar terendam air dan tanaman menjadi busuk.

Periksa kelembaban tanah dengan cara mencubit sedikit tanah di permukaan polybag. Jika tanah terasa kering, berikan penyiraman hingga merata di seluruh polybag. Penting untuk menjaga kelembaban tanah agar bibit terong ungu dapat tumbuh dengan sehat dan produktif.

5. Beri dukungan tugal agar tanaman terong ungu dapat tegak dan tumbuh dengan baik

Beri dukungan tugal agar tanaman terong ungu dapat tegak dan tumbuh dengan baik.

Untuk memastikan tanaman terong ungu tumbuh dengan baik, berikan dukungan tugal pada tanaman. Dukungan tugal dapat berupa bambu atau kayu yang dipasang di sekitar tanaman dan diikat dengan tali rafia.

Berikan dukungan ini saat tanaman terong ungu mulai tumbuh dan rapat dengan tanaman agar tanaman tidak roboh atau patah saat berbuah nanti. Dengan adanya dukungan tugal, tanaman terong ungu dapat tumbuh secara tegak dan memaksimalkan proses fotosintesis.

6. Beri pupuk organik secara teratur untuk memperkaya nutrisi tanaman.

Untuk memperkaya nutrisi tanaman terong ungu, diperlukan pemberian pupuk secara teratur. Gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Pemberian pupuk dapat dilakukan setiap 2-3 minggu sekali atau sesuai dengan petunjuk kemasan pupuk yang digunakan. Pastikan pemberian pupuk dilakukan dengan jumlah yang tepat agar tanaman terong ungu dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lezat.

Dengan mengikuti langkah-langkah penanaman terong ungu di polybag yang telah dijelaskan di atas, diharapkan Anda dapat menanam terong ungu dengan mudah dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *