Cara Menanam Jeruk dari Biji: Panduan Praktis untuk Pemula

cara menanam jeruk dari biji
cara menanam jeruk dari biji

Cara Menanam Jeruk dari Biji – Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Selain rasanya yang segar dan enak, buah ini juga sangat kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, serat, dan antioksidan. Karena khasiatnya yang begitu beragam, jeruk sering kali dijadikan sebagai buah andalan oleh banyak orang.

Terkait dengan kebutuhan konsumsi buah jeruk yang tinggi, maka menjadi hal yang wajar apabila pohon jeruk menjadi salah satu tanaman favorit yang banyak ditanam di Indonesia. Ada berbagai macam cara untuk menanam pohon jeruk, salah satunya adalah dengan menanam jeruk dari biji.

Menanam jeruk dari biji bisa menjadi alternatif yang menarik bagi Anda yang ingin menanam jeruk di halaman rumah dengan biaya yang lebih hemat. Meski demikian, diperlukan beberapa tahapan yang harus diikuti agar biji jeruk bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang enak dan segar.

Berikut adalah beberapa langkah mudah dalam menanam jeruk dari biji:

1. Pilih biji yang baik

Langkah pertama dalam menanam jeruk dari biji adalah dengan memilih biji yang baik. Pastikan biji yang Anda pilih adalah biji dari jeruk yang sudah matang dan segar. Cara yang paling mudah adalah dengan membeli jeruk langsung dari toko buah dan kemudian mengambil bijinya. Pilih jeruk yang tampilannya baik dan tidak terlihat rusak atau cacat.

BACA JUGA :   Budidaya Semangka : Mengenal Lebih Dekat Varietas Semangka

2. Rendam biji dalam air selama 24 jam

Setelah biji berhasil diambil, rendam biji dalam air selama 24 jam. Proses perendaman ini bertujuan untuk melonggarkan kulit biji dan mempercepat proses perkecambahan.

3. Persiapkan media tanam

Setelah biji direndam selama 24 jam, selanjutnya Anda harus menyiapkan media tanam yang cocok untuk jeruk. Pilihlah media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pasir, dan pupuk organik. Pastikan media tanam yang Anda gunakan memiliki sirkulasi udara yang baik dan drainase yang cukup agar akar jeruk bisa tumbuh dengan baik.

4. Tanam biji

Setelah media tanam siap, tanam biji di dalam pot atau wadah dengan lubang drainase. Letakkan biji sekitar 2-3 cm di dalam media tanam. Jangan menanam biji terlalu dalam karena ini bisa menghambat pertumbuhan bibit.

5. Beri air dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari

Setelah biji ditanam, sirami dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak memberi air karena dapat membuat tanah terlalu basah dan menghambat pertumbuhan bibit. Tempatkan pot atau wadah di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena jeruk membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik.

6. Perawatan

Setelah bibit tumbuh menjadi pohon kecil, perawatan yang tepat sangat diperlukan agar bibit jeruk bisa tumbuh dengan sehat dan kuat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bibit jeruk:

Siram bibit secara teratur

Siram bibit jeruk secara teratur, terutama pada musim kemarau. Namun, jangan terlalu banyak menyiram bibit agar tanah tidak terlalu basah. Selalu periksa kelembapan tanah sebelum menyiram bibit.

Beri pupuk secara teratur

Pemberian pupuk sangat penting dalam merawat bibit jeruk agar tumbuh dengan baik. Gunakan pupuk organik yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk organik ini akan membantu bibit tumbuh dengan sehat dan menghasilkan buah yang enak.

BACA JUGA :   AWAS! Hama & Penyakit Durian Berikut bisa Membunuh Pohon Kesayangan Anda

Potong daun atau ranting yang rusak atau mati

Setiap beberapa bulan, periksa bibit jeruk Anda dan potong daun atau ranting yang rusak atau mati. Potongan ini akan membantu bibit tumbuh lebih sehat dan menghindari infeksi penyakit.

Jaga suhu lingkungan

Bibit jeruk membutuhkan suhu lingkungan yang stabil dan tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Jika bibit diletakkan di dalam ruangan, pastikan suhu di dalam ruangan selalu stabil dan terjaga.

Penanaman ke dalam tanah

Setelah bibit tumbuh cukup besar, Anda dapat menanamnya ke dalam tanah di halaman rumah. Pastikan untuk memilih tempat yang terkena sinar matahari langsung dan memiliki tanah yang subur dan drainase yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam bibit jeruk di dalam tanah antara lain:

Gali lubang tanam yang cukup besar

Gali lubang tanam yang cukup besar untuk menampung akar dan akarnya. Lubang tanam yang besar akan membantu akar bibit jeruk tumbuh lebih kuat dan dalam.

Campurkan tanah dengan pupuk organik

Campurkan tanah dengan pupuk organik sebelum menanam bibit. Pupuk organik akan membantu tanah menjadi lebih subur dan membantu bibit jeruk tumbuh dengan baik.

Letakkan bibit di dalam lubang tanam dan ratakan tanah di sekitarnya

Setelah lubang tanam siap, letakkan bibit di dalam lubang dan ratakan tanah di sekitarnya. Pastikan bibit berada di tengah lubang tanam dan ratakan tanah di sekitarnya.

Siram dengan air secukupnya dan beri alas tanah

Setelah menanam bibit, siram dengan air secukupnya dan beri alas tanah untuk membantu menjaga kelembapan tanah. Berikan alat tanah yang cukup untuk menjaga kelembapan tanah dan menghindari erosi tanah.

BACA JUGA :   Budidaya Strawberry Paling PRAKTIS Hasil Melimpah

Tips dalam Menanam Jeruk dari Biji

Menanam jeruk dari biji tidaklah sulit, namun beberapa tips dapat membantu Anda dalam menanam jeruk dari biji yang sehat dan kuat. Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menanam jeruk dari biji adalah sebagai berikut:

Pilih biji yang berkualitas

Pastikan Anda memilih biji yang berkualitas dan berasal dari jeruk yang sehat. Bijinya harus segar, berukuran besar, dan tidak memiliki cacat.

Rendam biji dalam air yang bersih dan hangat

Untuk mempercepat proses perkecambahan, rendam biji dalam air yang bersih dan hangat selama 24 jam sebelum menanam biji.

Pilih media tanam yang sesuai

Pilih media tanam yang sesuai dengan kebutuhan jeruk. Pastikan media tanam yang Anda gunakan memiliki sirkulasi udara yang baik dan drainase yang cukup agar akar jeruk bisa tumbuh dengan baik.

Gunakan pupuk organik

Gunakan pupuk organik untuk membantu bibit jeruk tumbuh dengan sehat dan menghasilkan buah yang enak. Pupuk organik juga membantu memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan ketersediaan nutrisi bagi bibit jeruk.

Periksa bibit secara teratur

Periksa bibit secara teratur dan potong daun atau ranting yang rusak atau mati. Potongan ini akan membantu bibit tumbuh lebih sehat dan menghindari infeksi penyakit.

Pilih tempat yang sesuai

Pilih tempat yang sesuai untuk menanam bibit jeruk. Pastikan tempat tersebut memiliki sinar matahari yang cukup, drainase yang baik, dan tanah yang subur.

Kesimpulan

Menanam jeruk dari biji bisa menjadi alternatif yang menarik bagi Anda yang ingin menanam jeruk di halaman rumah dengan biaya yang lebih hemat. Dalam menanam jeruk dari biji, Anda perlu memperhatikan beberapa tahapan, seperti memilih biji yang baik, mempersiapkan media tanam yang cocok, menanam biji, memberi air dan sinar matahari yang cukup, serta memberikan perawatan yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa menanam jeruk dari biji dengan mudah dan menghasilkan bibit jeruk yang sehat dan kuat. Selamat menanam!

4.1/5 - (16 votes)