Cara Menanam Bunga Matahari PALING Mudah & Praktis

Cara Menanam Bunga Matahari – Bunga matahari (Helianthus annuus) mungkin merupakan salah satu bunga termudah yang dapat Anda tanam di kebun. Tanaman bunga matahari termasuk salah satu jenis tanaman bunga yang sangat mudah dibudidayakan sehingga mereka seringkali diperkenalkan pada para pemula agar bisa menikmati kesenangan berkebun. Banyak pembudidaya tanaman hias yang memilih menanam benih hitam dan putih bunga matahari raksasa kemudian menyaksikan dengan takjub ketika mereka tumbuh menjulang ke langit.

Karakteristik Tanaman Bunga Matahari

Meskipun bunga matahari tergolong tanaman yang mudah tumbuh bukan berarti ia bisa ditanam disembarang tempat tanpa perawatan sama sekali. Varietas bunga matahari yang tersedia untuk pekarangan rumah ternyata sangat banyak ditambah lagi, bunga matahari dapat menarik beberapa burung lokal ke kebun Anda.

Bunga matahari memiliki ukuran yang beragam mulai dari varietas paling kerdil dengan tinggi 30 cm, hingga varietas raksasa, yang bisa mencapai tinggi 3 meter. Anda dapat menemukan bunga matahari dalam warna mulai dari kuning pucat hingga merah gelap, merah anggur dan semua nuansa kuning, merah, serta oranye.

Baca juga : 6 Alasan Berkebun di Rumah yang Membuatmu Betah Berlama-lama

Kebun Bunga Matahari

Jika Anda memutuskan untuk menambahkan bunga matahari ke dalam koleksi tanaman hias di kebun Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  • Pertama, tanaman ini disebut bunga matahari karena suatu alasan. Yang paling utama yakni karena mereka butuh sinar matahari untuk pertumbuhan. Jadi, pastikan lokasi yang Anda pilih mendapatkan penyinaran matahari secara penuh.
  • Kedua, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi tanah atau lahan untuk menanam. Bunga matahari cukup baik beradaptasi dalam segala jenis kondisi tanah atau lahan. Meski demikian, sudah menjadi sesuatu yang lazim bahwa tanaman akan tumbuh dengan baik pada lahan atau tanah yang subur.
  • Ketiga, cangkang biji bunga matahari memang mengandung zat yang beracun bagi rumput. Jadi, Anda harus memanen kepala bunga matahari sebelum benih mulai rontok.
  • Keempat, ingatlah ketinggian varietas bunga matahari yang telah Anda pilih. Sebagai contoh, varietas raksasa dengan tinggi bisa mencapai 3 meter akan mengurangi asupan sinar matahari bagi tanaman di sekitarnya. Ini jika anda berniat membudidayakan bunga matahari bersama tanaman bunga lainnya dalam satu lahan.

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bunga matahari dapat membantu Anda menarik burung-burung lokal ke kebun Anda. Saat musim tanam hampir berakhir, Anda dapat memanen kepala bunga matahari Anda dan menggunakan beberapa biji untuk memberi makan burung. Anda memiliki dua opsi saat menggunakan biji bunga matahari untuk memberi makan burung. Yang pertama adalah Anda cukup meninggalkan kepala bunga matahari di luar untuk burung-burung. Opsi ini adalah yang paling mudah tetapi berhati-hatilah karena burung akan membuat kekacauan ketika menarik biji keluar dari kepala bunga matahari.

Cara Menanam Bunga Matahari

Pilihan yang lain adalah membuang benih dari kepala dan memasukkannya ke dalam pengumpan burung (birdfeeder). Metode ini sedikit lebih bekerja tetapi akan lebih rapi dalam jangka panjang. Selain itu, memasukkan benih ke dalam birdfeeder juga akan membantu menjaga teman berbulu Anda tetap aman karena birdfeeder akan lebih tinggi dari tanah dan jauh dari jangkauan banyak hewan pemangsa burung.

Baca juga : Bunga Krisan – Manfaat, Cara Budidaya dan Teknik Perawatan

Cara Menanam Bunga Matahari di Pekarangan Rumah

Tidak ada bunga taman yang memberikan kesenangan pada wajah semudah yang disajikan oleh tanaman bunga matahari. Apakah itu batang tunggal yang tumbuh di sudut halaman, deretan di sepanjang pagar, atau penanaman pada seluruh bidang tanah/lahan, tanaman bunga matahari akan selalu menarik perhatian. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam menanam bunga matahari, berikut ini beberapa tips dari Taman Inspirasi SAFA tentang cara budidaya bunga matahari secara efektif dan efisien.

Bunga Matahari untuk Hiasan Indoor

Kapan Waktu Ideal Menanam Bunga Matahari?

Mengetahui kapan harus menanam biji bunga matahari itu penting. Sebagian besar petunjuk arah cara menanam biji bunga matahari menyarankan penanaman langsung ke tanah setelah semua bahaya musim dingin (jika Anda hidup di negara 4 musim) sudah lewat. Tidak apa-apa jika Anda tinggal di daerah di mana musim tanam Anda cukup panjang. Namun jika musim tanam Anda pendek, Anda mungkin tidak punya cukup waktu untuk penanaman di luar ruangan.

Untuk wilayah Indonesia yang kebetulan memiliki iklim tropis, tak ada kendala dalam hal waktu penanaman. Antara musim penghujan dan kemarau memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, jika Anda menanam bunga matahari di musim penghujan, maka keuntungannya adalah tidak perlu penyiraman setiap hari. Namun dikhawatirkan tanaman tidak mendapat cukup banyak asupan sinar matahari sehingga dapat mengganggu proses pertumbuhan bunganya. Demikian pula sebaliknya jika Anda memulai menanam biji bunga matahari di musim kemarau.

Bunga matahari membutuhkan waktu dari 70 hingga 90 hari untuk matang. Namun untuk varietas bunga yang lebih besar memakan waktu paling lama. Berikut ini tips & cara menanam bunga matahari paling praktis untuk pemula.

Baca juga : 50 Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor

Menanam Bunga Matahari dalam Pot

Cara Menanam Bunga Matahari dari Biji

Setelah memilih biji bunga matahari untuk ditanam, Anda harus memilih tempat terlindung dari angin atau tempat di sepanjang pagar yang dapat dimanfaatkan sebagai ajir saat tanaman mulai meninggi. Akar bunga matahari tumbuh dalam dan lebar, jadi gemburkan tanah sebelum mulai menanam. Tambahkan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Bunga dengan ukuran lebih besar membutuhkan asupan nutrisi yang banyak pula.

Seberapa dalam menanam benih bunga matahari tidak sepenting jarak tanam antar tanaman. Bagaimanapun, biji yang jatuh dari bunga tahun lalu seringkali tumbuh di tempat mereka jatuh. Berdasarkan pengalaman beberapa petani, kedalaman tanam biji bunga matahari yang direkomendasikan adalah berkisar satu inci atau 2,5 sentimeter.

Jika Anda memulai di dalam ruangan, jangan khawatirkan kedalaman tanam. Untuk menanam bunga matahari di pot, cukup masukkan dua biji per pot lalu tutupi dengan tanah. Anda hanya perlu menipiskan penutup tanah atas agar bibit mudah tumbuh. Sirami dengan baik dan jaga agar tanah tetap lembab. Dalam 1-2 minggu, bibit Anda akan terlihat tumbuh dan berkembang dengan cepat sesudahnya.

Bibit Bunga Matahari

Varietas bunga matahari yang Anda pilih menentukan seberapa jauh jarak tanam benih. Untuk varietas bunga matahari dengan ukuran besar, setidaknya Anda membutuhkan 2,5 hingga 3 kaki atau berkisar 70-90 sentimeter antar tanaman untuk pertumbuhan yang optimal. Dan untuk varietas reguler Anda hanya membutuhkan 1 ½ hingga 2 kaki atau sekitar 30-60 sentimeter. Sedangkan untuk varietas mini, hanya dibutuhkan jarak tanam 6 inci hingga satu kaki atau sekitar 15-30 sentimeter.

Menanam bunga matahari adalah cara yang mudah dan menyenangkan untuk menambahkan variasi warna ke kebun Anda. Namun hal yang perlu Anda waspadai adalah, bunga matahari merupakan suguhan favorit untuk burung dan tupai. Terutama tupai, mereka dapat menggali lahan benih secepat Anda menanamnya. Untuk menghindarinya, Anda bisa tutupi benih yang Anda taburkan dengan potongan bambu atau botol plastik bening dengan bagian bawahnya berlubang sampai bunga matahari Anda bertunas.

Bunga matahari tidak membutuhkan perawatan khusus. Cukup perhatikan kondisi kelembaban tanah dan berikan asupan nutrisi (kompos atau pupuk kandang) dengan cukup maka tanaman Anda akan tumbuh subur dan berbunga dengan indah. Demikian tips dari Taman Inspirasi SAFA tentang cara menanam bunga matahari. Semoga bermanfaat. Wassalam.