Cara Menanam Bayam Hidroponik Mudah, Murah dan Hasil Melimpah

Cara Menanam Bayam Hidroponik Mudah, Murah dan Hasil Melimpah

Cara menanam bayam paling praktis dengan metode hidroponik kini mulai menjamur di kalangan masyarakat perkotaan. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia. Kandungan zat besi yang terdapat pada sayuran ini sering menjadi pertimbangan utama bagi banyak orang untuk mengkonsumsi secara berkala. Selain itu, bayam memiliki serat yang sangat baik untuk mendukung proses pencernaan dalam tubuh manusia. Ini yang membuat kamu juga bisa memulai menanam bayam untuk konsumsi pribadi. Apalagi cara menanam bayam bisa dilakukan dengan beberapa pilihan cara. Pilihan metode untuk menanam bayam tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal. Salah satunya mungkin dengan mempertimbangkan metode menanam bayam dengan cara hidroponik.

Langkah Mudah Menanam Bayam Hidroponik

Cara Menanam Bayam di Rumah

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan setelah kamu memutuskan untuk menerapkan cara menanam bayam hidroponik. Persiapan ini berkaitan dengan pemilihan benih biji bayam, media tanam hingga penggunaan perlengkapan lainnya. Ukuran dari media tanam akan disesuaikan dengan jumlah dari benih bayam yang kamu gunakan. Berikut ini ada beberapa langkah mudah dari cara menanam bayam dengan menggunakan metode hidroponik seperti:

  1. Memulai penyemaian benih

Cara menanam bayam melalui metode hidroponik dimulai dengan penyemaian benih. Cara ini dilakukan dengan merendam seluruh biji bayam pada air hangat. Selanjutnya, siapkan media tanam yaitu rockwool dengan ukuran 2 cm x 2 cm. Gunakan lidi untuk menusuk bagian dari rockwool tempat dari biji bayam. Masing-masing dari media tanam yang digunakan hanya akan menempatkan 1 biji bayam. Siram dengan air hingga media tanam cukup basah lalu simpan di tempat yang teduh dan cukup kering. Tunggu hingga 3 hari hingga kecambah mulai tumbuh dengan ukuran hingga 3 cm. Selalu perhatikan kelembaban dari media tanam yang kamu gunakan sehingga terhindar dari kekeringan.

BACA JUGA :   PRAKTIS!! Ini Cara Menanam Paprika dan Menghasilkan Panen yang Melimpah

Cara Menanam Bayam tanpa Modal

  1. Persiapkan media dengan baik.

Media hidroponik utama yang digunakan bisa dengan kotak sterofoam yang memiliki ukuran ketinggian mencapai 30 cm. Kamu bisa menutup bagian dari sterofoam dengan bahan yang lebih tipis. Tutup kotak sterofoam akan dilubangi dengan ukuran hingga 5 cm. Jarak antar lubang yang diberlakukan sekitar 10 cm. Setelah itu, isi bagian dalam dari sterofoam dengan menggunakan nutrisi khusus. Cairan nutrisi ini memiliki perbandingan 5 ml untuk 1 liter air. Penambahan nutrisi lain juga bisa dilakukan dengan perbandingan 1:5. Pastikan seluruh bahan nutrisi dan air tercampur dengan rata.

  1. Mulai tanam benih pada tempat yang telah disiapkan

Selanjutnya kamu bisa memulai menanam benih pada tempat yang disediakan. Pada masing-masing lubang akan ditempatkan gelas plastik yang sudah dilubangi. Penempatan dari masing-masing gelas plastik juga harus lebih tinggi dibandingkan dari lubang bagian atas sterofoam. Tempatkan benih bayam pada gelas plastik. Biasanya perhitungan benih mencapai 4 daun sekaligus. Penempatan juga harus dilakukan secara beraturan sehingga proses pertumbuhan bisa dilakukan dengan sangat baik.

Cara Menanam Bayam hidroponik

  1. Lakukan pemeliharaan secara berkala

Tentu saja ini merupakan cara penting yang harus dilakukan. Kamu harus memelihara tanaman bayam hidroponik ini secara berkala. Metode yang dilakukan mulai dari penyiraman secukupnya secara berkala sehingga media tanam tidak kekurangan air. Selain itu, kamu juga harus melakukan pembersihan gulma yang mungkin memiliki potensi tumbuh pada bagian media tanam. Cara ini dilakukan agar gulma tidak menghabiskan nutrisi yang ada di kotak sterofoam. Jangan lupa untuk menutup rapat bagian atas dari sterofoam dengan tambahan lakban.

Sebenarnya kamu juga bisa mencoba menanam bayam di polybag. Metode seperti ini juga bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Menanam bayam di polybag tidak membutuhkan lahan yang luas. Kamu bisa mananamnya di teras atau bahkan di balkon rumah. Selain praktis, menanam bayam di polybag dapat mengurangi biaya belanja kita sehari-hari.

BACA JUGA :   5 Langkah PRAKTIS Budidaya Jahe dalam Polybag

Langkah Praktis Menanam Bayam di Polybag

  1. Siapkan benih bayam yang kita bisa beli dari toko pertanian terdekat.
  2. Siapkan media semai bayam. Bisa menggunakan campuran tanah halus (tanah yang diayak) dan kompos dengan perbandingan 1:1.
  3. Letakkan media semai pada nampan atau wadah cekung sejenis. Ini akan memudahkan kita untuk pindah tanam nantinya.
  4. Siram media semai dengan air secukupnya. Jangan terlalu basah namun juga jangan terlalu kering.
  5. Buat lubang semai dengan jarak kurang lebih 2 sentimeter persegi dan kedalaman kurang lebih 0.5-1 cm.
  6. Letakkan benih bayam pada lubang semai lalu tutupi kembali dengan tanah tipis-tips.
  7. Saat benih sudah mulai tumbuh hingga ketinggian kurang lebih 5-10 cm, pindahkan benih ke media polybag.
  8. Untuk media tanam polybag, kita bisa gunakan campuran tanah, kompos/pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1.
  9. Setelah pindah tanam, lakukan perawatan sederhana seperti penyiraman, penyiangan dan pengendalian hama sehingga tanaman bayam kita dapat tumbuh dengan baik.
  10. Tanaman bayam akan dapat kita panen saat 1-1,5 bulan setelah tanam.

Nah itu tadi beberapa tips singkat dari kami tentang cara menanam bayam di polybag maupun di lahan bedengan yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa share ke akun sosial media kamu semua. Terima kasih. Wassalam.

4.3/5 - (15 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *