Cara Mudah Budidaya Kurma di Teras Rumah

Budidaya Kurma agar Berbuah Lebat
Budidaya Kurma agar Berbuah Lebat

Budidaya Kurma di teras rumah akan memberikan banyak manfaat baik dari sisi estetika/keindahan maupun hasil panen. Kali ini, TIS akan memberikan beberapa informasi tentang cara budidaya kurma di lahan atau teras rumah anda. Jika Anda hidup di iklim yang cerah, menanam dan merawat pohon kurma bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Benih-benih dari kurma dapat tumbuh menjadi pohon kurma yang dapat Anda nikmati di rumah, teras, atau kebun Anda. Cukup kumpulkan dan cuci beberapa biji kurma, lalu biarkan mereka berkecambah selama beberapa minggu.

Setelah biji bertunas, Anda bisa menanamnya di pot. Sirami mereka dengan baik dan berikan sinar matahari sebanyak mungkin. Pohon kurma tumbuh agak lambat, jadi Anda mungkin harus menunggu hingga 4 tahun sebelum tumbuh hingga ukuran penuh, tetapi sebenarnya proses penanaman kurma adalah sangat mudah. Berikut tahap-tahap menanam pohon kurma dari biji.

Menumbuhkan Benih Kurma

Budidaya Kurma dari Biji

  1. Beli beberapa buah kurma yang sudah matang dan kumpulkan bijinya. Sisihkan bijinya dan makan atau buang buah kurma. Anda akan tahu bahwa kurma sudah matang ketika sedikit kusut karena cairan lengket yang terkandung didalamnya.
  2. Bersihkan biji untuk menghilangkan sisa buah. Bilas bijinya secara menyeluruh dan gosok daging kurma yang berlebih. Jika sisa buah tetap ada, Anda bisa merendam biji kurma dalam air panas selama 24 jam, kemudian gosok buahnya.
  3. Rendam biji di air biasa selama 48 jam. Isi cangkir atau mangkuk dengan air dan letakkan biji di dalamnya. Ganti air sekali sehari dengan membuang air lama dan mengisinya dengan air yang baru. Hal tersebut untuk menjaga agar biji tidak berjamur. Merendam benih akan membuat kulit biji menyerap air dan mempersiapkannya untuk proses perkecambahan. Buang semua benih yang mengapung di air. Anda hanya bisa menggunakan benih yang tenggelam dalam wadah.
  4. Setelah itu, letakkan biji-biji tersebut pada selembar kain basah yang dilipat 2. Benih harus sepenuhnya tertutup dan saling terpisah oleh lapisan kain tersebut. Jaga jangan sampai antar benih bersinggungan/bersentuhan.
  5. Masukkan benih dan kain basah tersebut dalam kantong plastik dan tutup rapat. Pastikan benih yang ada dalam kain tersebut berada dalam kantong plastik yang tersegel rapat.
  6. Simpan plastik di tempat yang hangat dan gelap selama 6-8 minggu. Benih akan berkecambah paling baik pada suhu antara 21 hingga 24 ° C. Temukan tempat di rumah Anda yang tetap hangat, seperti bagian atas lemari es, atau gunakan alas penghangat untuk mengatur suhu tetap stabil.
  7. Periksa tanaman secara teratur untuk mengetahui kemajuan pertumbuhan atau jamur. Setiap 2 minggu sekali, buka tas dan cek perkembangannya. Jika perlu, ganti kain lama untuk menghindari pertumbuhan jamur. Berhati-hatilah dalm mengganti kain agar biji tidak rusak. Setelah 2-4 minggu, Anda akan melihat akar kecil tumbuh dari biji.
  8. Saat kecambah terlihat mulai tumbuh pada biji, maka ia siap untuk dipindahkan ke media tanam/pot.

Menanam Benih Kecambah Kurma

Budidaya Kurma di Teras Rumah

  1. Siapkan pot dengan banyak lubang drainase di bagian bawah. Mungkin kita juga memerlukan nampan untuk menghindarkan pot dari pengairan yang berlebih.
  2. Mulailah dengan pot yang lebih kecil di awal penanaman. Namun perlu diingat bahwa Anda harus memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar saat ia terlihat mulai tumbuh meninggi.
  3. Isi pot 3/5 penuh dengan media tanam yang terdiri atas campuran pupuk kompos/kandang, tanah dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.  Jaga kepadatan media tanam. Jangan terlalu longgar atau terlalu padat untuk menjaga drainase dalam media pot.
  4. Tempatkan kecambah 2,5 cm di bagian tengah media tanam. Pegang ujung yang berdaun atau tumbuh di tengah pot, sedikit di atas tanah. Titik di mana tunas muncul harus ditempatkan 2,5 cm di bawah tepi pot. Jika akarnya masih halus, Anda bisa menanam kecambah dengan tissu untuk melindunginya. Tanam satu biji kecambah per pot.
  5. Sirami tanaman dengan seksama. Setelah ditanam, tunas akan membutuhkan pengairan yang baik. Siramkan air di atas tanah sampai menetes keluar melalui lubang drainase pot. Biarkan tanah menyerap dan mengeringkan air, lalu sirami tanaman lagi sampai tanah benar-benar basah menyeluruh.

Baca juga: Tabulampot – Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Buah di Lahan SempitTabulampot – Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Buah di Lahan Sempit

Perawatan Pohon Kurma

Budidaya Kurma di Lahan

  1. Simpan pot di tempat yang cerah. Beberapa tempat yang bagus berada di dekat jendela dengan banyak sinar matahari atau di teras terbuka rumah Anda. Tanaman ini akan tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh, jadi cobalah untuk menjaganya agar tetap berada di tempat terbuka.
  2. Sirami tanaman setiap media tanam terlihat kering. Periksa media tanam setiap hari dengan menancapkan jari telunjuk Anda ke tanah hingga buku jari kedua. Jika tanah terasa lembab, maka tanaman masih memiliki cukup kelembaban dan Anda tidak harus menyiraminya. Jika tanah terasa kering, tuangkan air di atas permukaan tanah secara merata. Lebih baik menyirami tanaman ketika mereka membutuhkannya dan bukan pada jadwal yang ditentukan. Namun secara umum, tanaman kurma perlu disiram seminggu sekali.
  3. Pindahkan kurma ke pot yang lebih besar saat mulai tumbuh membesar. Setelah Anda melihat bahwa tanaman itu tumbuh melebihi potnya, Anda harus memindahkannya ke pot yang lebih besar. Terus lakukan ini sepanjang pertumbuhan tanaman. Sirami tanaman dengan baik sebelum dan sesudah dipindahkan ke pot baru.
  4. Setelah tanaman tumbuh menjadi ukuran pohon, Anda dapat memindahkan pot besar di luar ruangan atau diteras rumah Anda. Pastikan untuk menyimpannya di tempat dengan paparan sinar matahari maksimum. Jika perlu, Anda juga bisa menyimpannya di dalam pot besar di dekat jendela yang cerah. Namun, perlu diingat bahwa ini akan sangat menghambat pertumbuhannya. Jika Anda tinggal di kawasan dengan iklim yang cukup hangat, Anda juga dapat memindahkan kurma ke luar ruangan.
  5. Anda bisa juga memindahkan kurma ke lahan teras rumah Anda jika dirasa terlalu besar untuk pot. Perlu diingat bahwa Anda harus memilih tempat yang cerah dan menggali lubang yang cukup besar untuk dapat menampung akar tanaman. Keluarkan tanaman dari potnya kemudian masukkan ke dalam lubang tanam dan isi dengan tanah. Perlu diingat bahwa seiring waktu, kurma dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter. Pilih tempat yang dapat memberikan ruang tumbuh leluasa untuk pohon kurma.

Demikian tips dari Taman Inspirasi tentang budidaya kurma. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah? Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Selamat Berkebun.