Tips SUKSES Berkebun di Apartemen & Rumah tanpa Halaman

Berkebun di apartemen atau teras rumah sangat cocok bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Meskipun Anda tinggal di rumah kecil tanpa halaman, Anda masih dapat menemukan cara untuk menanam sayuran di tempat Anda. Tidak hanya membuat Anda lebih sehat, berkebun di rumah juga dapat mengurangi aktivitas Anda bepergian ke toko bahan makanan atau pasar apalagi pada masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, berkebun di rumah akan menghadirkan nuansa tanaman hijau yang alami serta menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Mulai dari tanaman tomat hingga sayuran herbal, dengan metode sederhana untuk perawatan dan pemberian makan, berikut ini beberapa daftar sayuran termudah untuk dibudidayakan di rumah atau apartemen Anda.

Saat beberapa negara mulai dibuka kembali pasca lockdown akibat pandemi, banyak orang masih enggan pergi keluar atau mengunjungi ruang publik yang ramai kecuali benar-benar diperlukan. Setelah menghabiskan waktu berbulan-bulan di rumah, hampir tidak mungkin untuk mengabaikan manfaat dari bercocok tanam dan memproduksi makanan Anda sendiri, baik untuk alasan kesehatan maupun keuangan.

Teknik Berkebun di Apartemen

Ketika Anda hanya pergi ke toko bahan makanan setiap beberapa minggu sekali, akan sangat sulit untuk menjaga buah dan sayuran tetap segar. Lalu apa yang harus dilakukan?

Meskipun memanggang roti menjadi satu kebiasaan tersendiri saat masa karantina pandemi, beberapa orang ternyata menemukan kesenangan tersendiri dengan menhadirkan tanaman di rumah atau apartemen mereka. Tidak hanya untuk menyejukkan ruangan tetapi mereka juga menanam sayuran sendiri untuk persediaan bahan makanan. Dan Anda pun juga pasti bisa melakukannya.

Entah itu masa karantina atau tidak, menanam sayuran Anda sendiri di rumah hanya dengan sedikit sinar matahari, air dan perawatan, adalah keterampilan yang tak ternilai. Itu akan menjadi bagian dari gaya hidup yang sehat dengan banyak manfaat. Hal itu akan membuat Anda lebih sadar untuk mengurangi kebiasaan konsumtif Anda. Selain itu, aktivitas berkebun di apartemen atau dirumah akan menghadirkan kebiasaan makan yang lebih sehat dan membawa rasa bangga dengan menyajikan hasil sayuran sendiri di meja makan untuk keluarga dan kolega Anda.

Apakah Anda tinggal di apartemen atau rumah, berikut ini jenis sayuran termudah untuk ditanam di dalam ruangan di rumah Anda sendiri.

Baca Juga : Tabulampot – Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Buah di Lahan Sempit

Berkebun di Apartemen Paling Praktis

Apa yang dibutuhkan untuk menanam sayur mayur dirumah atau apartemen? Karena Anda tidak berkebun di luar, salah satu hal terpenting yang Anda perlukan untuk menanam tanaman dan sayuran di dalam ruangan adalah polybag atau pot! Berkebun menggunakan wadah atau pot adalah langkah yang bagus untuk seorang pemula dalam belajar berkebun di lahan terbatas di lingkungan perkotaan.

Untuk pot, Anda akan memerlukan wadah berukuran sedang dengan lubang drainase yang memungkinkan kelebihan air leluasa keluar sehingga akar tanaman tidak mudah membusuk. Jika Anda ingin ukurannya cukup besar sehingga akar tanaman Anda memiliki banyak ruang untuk tumbuh dan berkembang, maka perlu penataan yang baik sehingga tidak membuat rumah/apartemen Anda berantakan.

Campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos menjadi hal yang fundamental dalam bercocok tanam. Ada banyak opsi untuk penyubur tanaman, dan toko pertanian didekat Anda pasti memiliki rekomendasi terbaik. Meski demikian, Anda juga bisa mencoba membuat pupuk kompos sendiri.

Unsur lain yang tidak kalah penting adalah tanaman Anda akan membutuhkan sinar matahari untuk berkembang. Amati rumah Anda selama satu atau dua hari untuk melihat area mana yang paling terang dan pada jam berapa waktu terbaik meletakkan sayuran Anda. Jika Anda tinggal di tempat yang tidak mendapatkan banyak cahaya alami, jangan putus asa. Anda bisa menggunakan lampu UV untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Baca Juga : 20 Tanaman Air Paling Populer dan Digemari

Berikut beberapa rekomendasi kami tentang sayuran untuk pemula dalam berkebun di apartemen atau teras rumah, bersama dengan petunjuk perawatannya masing-masing:

1. Tomat

Tanam Tomat dalam Pot

Semua orang menyukai tomat yang juicy, segar dan matang sempurna. Dengan kondisi tomat dari supermarket yang sering kali kurang segar atau harganya terlalu mahal, tomat adalah pilihan termudah untuk berkebun di dalam ruangan.

Anda bisa mulai menanam bibit tomat dinampan atau wadah kecil seperti kaleng. Isi wadah dengan tanah starter yang baik, dan tanam 1-3 benih dalam seperempat inci lubang. Tutupi benih dengan tanah kemudian siram sampai media tanam terlihat lembab.

Letakkan wadah di area yang mendapat banyak sinar matahari hangat, dan sirami secara rutin agar tanah tidak mengering. Anda akan melihat perkecambahan (pertumbuhan benih menjadi bibit) dalam 5 – 10 hari.

Setelah bibit berukuran 5-10 cm dan mulai bertunas, pindahkan dengan hati-hati ke pot yang lebih besar (ukuran diameter 15 cm atau lebih besar, tergantung apakah Anda menginginkan satu atau dua tanaman dalam pot). Anda dapat mencabut bibit dari nampan atau pot starter dengan meletakkan tangan Anda di atas tanah di pangkal tanaman dan membaliknya dengan hati-hati agar tidak merusak akar.

Tanam bibit di pot baru, sirami dan kembalikan ke tempat yang cerah. Jaga di bawah sinar matahari selama sekitar delapan jam sehari dan sirami air secukupnya (lembab, tapi tidak basah). Dalam waktu sekitar dua minggu, tambahkan pupuk kompos.

Saat tanaman semakin besar, pastikan untuk tetap melakukan penyerbukan dengan menggoyangkan atau mengetuk batang dan daun utama tanaman secara perlahan. Itu akan membuat buah tomat yang dihasilkan lebih maksimal dalam segi ukuran dan rasa. Anda mungkin juga perlu menambahkan penyangga saat tanaman terlihat meninggi. Anda bisa memanen buahnya, setelah tanaman berusia kurang lebih 60 s/d 80 hari.

Baca Juga : Budidaya Anggrek Tanpa RIBET, Praktis & Ekonomis

2. Paprika

Tanam Parika dalam Pot

Mirip dengan tomat, paprika membutuhkan lebih banyak perawatan daripada tanaman lain yang bisa Anda tinggalkan di tempat yang hangat dan cerah. Meski demikian, hasilnya akan sepadan dengan effort yang Anda keluarkan.

Pertama-tama, isi nampan atau pot starter dengan tanah yang gembur lalu buat lubang kecil di tengah. Dengan menggunakan benih paprika sisa (karena memiliki kelembapan yang lebih baik daripada benih yang dibeli di toko), masukkan satu benih ke dalam setiap lubang dan tutupi dengan tanah.

Tempatkan di tempat yang hangat namun tetap terjaga  kelembabannya sampai bibit mulai berkecambah dan memiliki satu atau dua helai daun. Pindahkan setiap bibit ke pot yang lebih besar dengan media tanah baru, tempatkan di bawah sinar matahari dan lanjutkan menyiram dengan baik setiap hari.

Saat tanaman mulai tumbuh dan bunga muncul, lakukan penyerbukan dengan menyeka serbuk sari dari bunga jantan dan menyikatkannya pada bunga betina. Saat paprika Anda tumbuh, tunggu sampai ukurannya bagus dan sehat sebelum mulai dipanen.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari PALING Mudah & Praktis

3. Sayuran Selada

tanam selada dalam pot

Siapa yang tidak suka selada yang segar dan lezat? Daripada melihat selada yang Anda beli di toko layu dan berubah menjadi merah di kulkas, sebaiknya tanam sendiri selada Anda agar selalu mendapatkan sayuran segar. Selada hijau termasuk selada es dan romaine, arugula dan bayam – mereka dapat tumbuh dengan cepat dan mudah. Anda dapat menanam sayuran ini dengan menggunakan batang awal (bibit kecil), tetapi untuk saat ini, kami akan fokus pada penanaman dari biji.

Dalam kotak penanam besar yang diisi dengan tanah pot, gunakan jari Anda untuk membuat lubang di tanah dengan jarak beberapa inci (empat inci optimal). Taburkan beberapa biji selada di setiap lubang dan tutupi kembali dengan tanah. Letakkan wadah di tempat dengan sinar matahari yang baik, dan sirami secara teratur untuk menjaga kelembaban media tanamnya. Tanaman Anda harus cukup besar untuk mulai dipanen dalam waktu sekitar empat hingga enam minggu.

Salah satu manfaat utama menanam selada adalah Anda bisa memanen daunnya tetapi tanamannya bisa dibiarkan terus tumbuh! Setelah tanaman mencapai ukuran besar dan sehat, Anda dapat mulai memanen daun terluar dengan tetap meninggalkan bagian dalam untuk terus tumbuh. Sangat mudah bukan?

Baca Juga : Trichoderma & Pemanfaatannya untuk Membuat Kompos Lebih Efektif

4. Wortel

Cara Menanam Wortel Dalam Polybag

Wortel sebenarnya adalah salah satu sayuran termudah untuk ditanam di dalam ruangan, yang mungkin mengejutkan karena ia bisa tumbuh cukup lama. Tidak perlu khawatir! Anda bisa menanam wortel biasa di dalam ruangan, tidak masalah!

Bahkan untuk varietas yang lebih panjang, yang Anda butuhkan hanyalah pot atau wadah sedalam 12 inci atau delapan inci jika Anda menanam varietas yang lebih kecil. Wortel merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Dengan sedikit perawatan, Anda akan merasakan kemudahan berkebun di apartemen.

Isi pot Anda dengan tanah gembur, hingga tersisa satu inci dari bibir pot bagian atas. Siram sampai tanah lembab, buat lubang dengan jarak beberapa inci, taburkan dua hingga tiga biji, kemudian tutupi kembali dengan tanah. Letakkan kotak di tempat yang cerah sehingga mendapat setidaknya enam jam penyinaran dan tetap sirami dengan baik (sampai lapisan atas tanah lembab).

Benih akan mulai berkecambah dan berkecambah dalam waktu sekitar dua minggu. Setelah wortel cukup besar (biasanya sekitar 70 hari), Anda dapat memanennya dengan memegang daun hijau dengan kuat lalu menariknya langsung ke atas.

Baca Juga : Insektisida Organik : Rokok Insektisida Organik PALING MANJUR?

5. Buah Bit

Menanam Bit dalam Pot

Bit sering disebut “makanan super”, dan ada alasan bagus untuk menanamnya. Bit kaya akan nutrisi seperti kalium, magnesium, dan Vitamin C. Selain itu, bit membantu menjaga tekanan darah Anda dan bahkan dapat membantu meningkatkan kinerja otot-otot Anda. Dengan manfaat yang banyak untuk kesehatan, bukankah sangat baik untuk menanamnya di rumah atau apartemen Anda? Selain itu, daunnya yang berwarna-warni juga akan membuat ruangan Anda lebih hidup.

Siapkan wadah besar (setidaknya 10 inci atau lebih) dan isi dengan tanah pot baik dan ringan (bit tidak akan tumbuh optimal di tanah yang padat). Tingkat pH tanah juga harus netral. Tanam benih sekitar seperempat inci di tanah dengan banyak ruang di antara masing-masing benih tanaman (bit membutuhkan banyak ruang tumbuh).

Sirami dengan baik agar tanah lembab tetapi jaga jangan sampai menggenang. Tempatkan di tempat yang memiliki sinar matahari yang baik. Tanamn Bit sangat menyukai sinar matahari. Dalam waktu sekitar dua minggu, Anda akan melihat benih mulai tumbuh, dan Anda dapat membuang bibit yang tidak berkembang optimal sehingga bibit yang baik memiliki banyak ruang. Lanjutkan menyirami dan berikan sinar matahari selama 45 hingga 60 hari ke depan, dan kemudian bit Anda akan tumbuh besar hingga siap dipanen!

Baca Juga : 6 Alasan Berkebun di Rumah yang Membuatmu Betah Berlama-lama

6. Sayuran Herbal Lain

Tips SUKSES Berkebun di Apartemen & Rumah tanpa Halaman Taman Inspirasi SAFA

 

Tidak ada yang lebih baik dari sayuran segar untuk menambah nuansa dan rasa pada hidangan. Tetapi, membeli sayuran segar dari toko secara terus-menerus adalah aktivitas yang cukup merepotkan. Jadi, tanamlah kebun sayuran Anda sendiri!

Beberapa pilihan sayuran herbal termudah untuk ditanam di dalam ruangan diantaranya oregano, timi, rosemary, kucai, peterseli, dan kemangi. Prinsip dasarnya sama, meskipun perawatan dapat berbeda untuk masing-masing tanaman. Isi pot dengan tanah gembur dan kaya nutrisi lalu taburkan benih sayuran yang Anda sukai.

Tutupi kembali benih dengan tanah tipis-tipis lalu tempatkan di tempat yang banyak mendapat sinar matahari. Siram secara teratur agar tanah tetap terjaga kelembabannya. Anda bisa berikan pupuk organik cair beberapa kali dalam sebulan. Saat sayuran mulai tumbuh, panen daunnya untuk digunakan sebagai pelengkap atau penyedap makanan tetapi biarkan tanaman tetap tumbuh.

Berkebun di Apartemen Paling Praktis

Berkebun di Apartemen itu mudah dan menyenangkan Ada banyak sayuran yang bisa Anda tanam dengan mudah di dalam ruangan, tetapi apa yang kami tuliskan diatas adalah beberapa jenis sayuran yang mudah untuk dibudidayakan. Sebagian dari tanaman itu dapat digunakan untuk berbagai macam hidangan, dengan manfaat kesehatan yang besar. Sehingga secara keseluruhan sangat mudah untuk dirawat. Diantara jenis sayuran lain yang mudah untuk ditanam di dalam ruangan adalah sawi hijau, caisim, kangkung, cabe, dan terong.

Itu tadi beberapa tips berkebun di apartemen dari Taman Inspirasi SAFA. Tidak ada salahnya untuk mencoba meski Anda seorang pemula sekalipun. Sebagaimana pepatah lama mengatakan, ‘Kegagalan adalah Keberhasilan yang Tertunda. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa awali setiap aktivitas kita dengan berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa agar mendapat kemudahan dan keberkahan dari Nya. Wassalam.

Leave a Reply