12 Destinasi Agrowisata Terbaik di Indonesia

Agrowisata  termasuk salah satu jenis kegiatan pariwisata yang melibatkan pertanian serta perkebunan. Biasanya, yang menjadi daya tarik dari wisata jenis ini adalah berbagai tanaman yang bisa ditanam atau dipetik wisatawan, seperti sayur mayur dan buah-buahan. Selain itu, berbagai fasilitas wisata lainnya seperti arena bermain atau labirin berupa tumbuhan juga menjadi atraksi utama.

Saat ini, wisata pertanian semacam ini sangat digemari banyak kalangan, terutama kaum muda. Sebagai negara agraris yang besar, Indonesia tentunya memiliki banyak sekali lahan pertanian atau perkebunan. Banyak dari areal perkebunan ataupun pertanian tersebut yang dikelola dan ditata sedemikian rupa sebagai obyek wisata. Inilah beberapa destinasi agrowisata terbaik di Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau kerabat Anda.

Destinasi Agrowisata Terbaik

Perkebunan Teh Rancabali Bandung

Perkebunan Teh Rancabali Bandung

Secara administratif, perkebunan teh ini berada di kawasan Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Perkebunan teh Rancabari terletak di dataran tinggi, tepatnya di kaki Gunung Patuha. Berada di kawasan ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah khas pegunungan dalam suasana yang sejuk dan tenang. Selain tanaman teh, di perkebunan ini juga dibudidayakan pohon kina. Pesona perkebunan dengan pemandangan alam yang menyejukkan pasti membuat pengunjung betah berjalan-jalan di kawasan tersebut.

Wisata Agro Kebun Strawberry Lembang

Kebun Strawberry Lembang

Di kawasan agrowisata ini, kita dapat menikmati deretan tanaman buah strawberry yang akan memanjakan mata dan lidah kita. Di sini, wisatawan juga bisa memetik dan memakan strawberry langsung, atau membawanya pulang. Lokasi kebun yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di area agrowisata strawberry ini sejuk dan bebas polusi. Selain itu, perkebunan juga menyediakan fasilitas outdoor untuk bermain anak-anak serta orang dewasa.

Merapi Farma Herbal Wisata Agro

Merapi Farma Herbal

Sesuai namanya, perkebunan Merapi Farma Herbal terletak di wilayah Yogyakarta. Di sini pengunjung dapat mempelajari tentang berbagai tanaman herbal dan cara pengolahannya. Lokasi perkebunan yang berada di kaki Gunung Merapi membuat tempat ini semakin mempesona. Selain udaranya yang segar dan sejuk, tentunya. Tempat ini juga menyediakan area untuk Anda yang ingin memesan dan meminum jamu sesuai dengan penyakit yang diderita.

Agrowisata Taman Turi, Sleman

Agrowisata Taman Turi

Agrowisata Taman Turi berlokasi di Dusun Gadung, Desa Kebun Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Industri agrowisata di Taman Turi menampilkan deretan tanaman salak pondoh yang rasanya legit dan manis. Dikarenakan arealnya yang luas, pengunjung membutuhkan pemandu untuk mengelilingi perkebunan. Di tempat ini pengunjung juga bisa memetik salak pondoh sendiri dari perkebunan, makan di tempat atau dibawa pulang. Sedikitnya 17 jenis tanaman salak ditanam di kawasan agrowisata ini, namun salak pondoh adalah salah satu yang paling populer.

Taman wisata pertanian ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata, seperti arena bermain, taman, kolam pemancingan, kolam renang dan beragam fasilitas lainnya, walaupun banyak dari fasilitas tersebut yang kurang  terawat dan rusak.

Taman Anggrek Indonesia Permai

Taman Anggrek Indonesia Permai

Bagi yang menyukai bunga, terutama anggrek, tempat ini cocok untuk Anda. Lokasinya berada di Jalan Raya Taman Mini di Jakarta Timur. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai jenis tanaman anggrek dan bunga berwarna-warni. Ada juga kursus kilat untuk mempelajari cara menanam dan merawat anggrek. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai jenis tanaman anggrek di sini.

Baca juga : 50 Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor

Agrowisata Petik Buah

Selain beberapa destinasi di atas, ternyata Indonesia juga memiliki beberapa lokasi agrowisata dengan konsep utama kebun buah-buahan. Wisata petik buah ini terletak di tempat yang menawan dengan pemandangan alamnya, namun juga merupakan tempat yang unik untuk bermain dan belajar. Berikut ini TamanInspirasi buat daftar tujuh wisata petik buah di seluruh Indonesia yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Agrowisata Petik Stroberi di Bedugul

Agrowisata Petik Stroberi di Bedugul

Bedugul dikenal sebagai salah satu kawasan dingin di Pulau Bali. Jika Anda kebetulan memasuki area Bukit Melingkuh di Desa Baturiti, Anda akan menemukan agrowisata petik strawberry di Bali Outbound dan Farmstay. Selain memetik buah strawberry, pengunjung di sini juga berkesempatan untuk mencoba berbagai bahan masakan yang berbahan dasar strawberry, seperti rujak atau selai. Pemandangan yang indah dan mempesona juga bisa Anda nikmati di perkebunan dengan luas kurang lebih dua hektar tersebut.

2. Agrowisata Petik Apel di Batu

Agrowisata Petik Apel di Batu

Terdapat beberapa destinasi agrowisata petik apel yang populer di kawasan Batu, Malang. Dua di antaranya berada di areal tanam Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) dan kompleks Kusuma Agrowisata. Bagi Anda yang mencari lebih banyak varietas, Kusuma Agrowisata sangat direkomendasikan. Di resor dengan fasilitas yang lengkap, Anda juga akan disuguhkan berbagai varian buah lainnya seperti jeruk dan jambu air yang bisa langsung Anda petik.

3. Agrowisata Petik Jeruk di Kintamani

Agrowisata Petik Jeruk di Kintamani

Salah satu produk tanaman buah unggulan Kintamani adalah jeruk. Bahkan, jeruk kintamani diekspor ke Jawa karena konon bisa tahan lebih dari seminggu tanpa menggunakan pengawet. Jika Anda penasaran, silakan datang dan rasakan pesona agrowisata jeruk Kintamani. Lokasinya yang berada dekat dengan Danau Batur, membuat Anda tidak akan bosan berlama-lama di tempat ini.

4. Agrowisata Petik Buah Naga di Banyuwangi

Agrowisata Petik Buah Naga di Banyuwangi

Jika Anda berkesempatan datang ke Banyuwangi, silakan berkunjung ke Desa Sambirejo. Di sini, Anda akan menemukan bahwa perjalanan memetik buah naga berbeda dengan pengalaman memetik buah lain pada umumnya. Banyuwangi sendiri dikenal sebagai salah satu sentra penghasil buah naga terbesar di Indonesia. Sementara itu, Desa Sambirejo yang hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota, memiliki kawasan budidaya buah naga, sehingga banyak orang yang mengenalnya sebagai desa buah naga.

5. Agrowisata Petik Stroberi di Ciwidey

Agrowisata Petik Stroberi di Ciwidey

Warga Bandung patut berbangga hati karena memiliki wisata petik buah yang sangat unik dan menarik. Kebetulan, di kawasan Ciwidey wisatawan berkesempatan untuk memetik buah strawberry langsung dari pohonnya dan memakannya di lokasi. Menemukan lokasi agrowisata petik strawberry di Ciwidey juga bukanlah hal yang sulit. Dengan berkendara di sepanjang jalan Situ Patenggang atau Pasir Jambu, Anda akan menemukan banyak perkebunan yang menawarkan paket wisata petik strawberry tersebut.

6. Agrowisata Petik Kurma Pasuruan

Agrowisata Petik Kurma Pasuruan

Berusaha untuk tampil beda, agrowisata Petik Kurma Pasuruan mencoba memberikan pengalaman memetik buah yang benar-benar atraktif dan unik. Wisatawan bisa memetik dan menyantap kurma langsung di sini. Kurma yang selama ini dikenal sebagai buah khas daerah gurun pasir, bisa Anda petik dan nikmati langsung disini. Tidak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan menyimpan kurma yang mereka petik sendiri dan membawanya sebagai oleh-oleh. Tempat wisata yang baru dibuka pada awal tahun 2017 ini juga memiliki keunikan lain yaitu adanya bangkai pesawat Boeing 737 yang berada tepat di tengah area perkebunan.

7. Agrowisata Petik Buah Taman Mekarsari

Agrowisata Petik Buah Taman Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan sebuah wisata agro yang berada di wilayah Bogor. Dengan cakupan area kurang lebih 264 hektar, Anda akan diajak mengenal lebih jauh tentang keanekaragaman buah dan tanaman dari seluruh penjuru nusantara. Selain belajar tentang pembibitan dan budidaya aneka buah-buahan, pengunjung Taman Buah Mekarsari juga bisa melepas penat di kawasan rekreasi danau telaga. Di sini, Anda bisa menaiki perahu naga atau sepeda air untuk dapat menikmati panorama indah disekitar lokasi.

Itu tadi beberapa destinasi wisata agro yang menurut kami layak untuk dikunjungi. Jika Anda memiliki alternatif lain yang menurut Anda unik dan menarik silahkan berikan komentar di bawah dan kami akan tambahkan di daftar tujuan agrowisata terbaik kami. Terima kasih. Wassalam.